ALUMNI SMKN 5 BATAM KULIAH DI KOREA

Amos Girsang atau biasa disapa Amos merupakan salah satu alumni jurusan Teknik Kelistrikan Kapal SMKN 5 Batam tahun 2015 kini sedang menjalani kuliah di Sun Moon University (SMU)-South Korea. Sun Moon University (SMU) merupakan salah satu Universitas di Korea Selatan tepatnya berada di kota Cheonan.

Mahasiswa semester enam ini, pada awalnya kuliah jurusan teknik elektro di salah satu universitas di Batam. Menginjak semester empat, dia tertarik mengikuti Program Double Degree yang diselenggarakan universitas bekerjasama dengan Sun Moon University (SMU). Dengan modal tekad dan semangat yang kuat, Amos memutuskan ikut seleksi Program Double Degree. Program Double Degree adalah program beasiswa kuliah dengan 2 gelar dari 2 Universitas. Dengan masa kuliah 2 tahun di Universitas dan 2 tahun di SMU.

Untuk kuliah di Sun Moon University (SMU), Amos harus mempelajari bahasa Korea selama 1 tahun untuk mencapai minimal level 3. “Setelah mencapai level 3, maka barulah perkuliahan di Sun Moon University (SMU) dimulai”, ungkapnya.

Menjalani kuliah sambil bekerja partimer sangatlah enjoy bagi Amos. Banyak pengalaman hidup di Korea yang dapat dijadikan teladan dalam kehidupan sehari-harinya. Budaya Korea yang kental akan senioritas, membentuk karakter disiplin dan sopan santun kepada orang yang lebih tua terutama ke guru. Setiap orang harus punya daya saing (kompetitif) untuk menjadi yang nomor satu. “Penanaman pendidikan karakter menjadi fokus utama sistem pendidikan di Korea”, tambah Amos.

Beasiswa kuliah di Korea Selatan sangat terbuka luas untuk siswa SMK khususnya bagi siswa SMKN 5 Batam. Beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan melalui Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia dapat diakses melalui website : http://niied.go.kr. “So, jangan patah semangat dan berkecil hati untuk meraih cita-cita, SMKN 5 Batam Bisa!”, ujarnya.