Pelatihan Workshop Basic Awarness K3 oleh TIM A2K3

Pihak Humas SMK Negeri 5 Batam mengundang TIM A2K3 untuk melakukan pelatihan Workshop Basic Training Awareness pada Sabtu, 11 Agustus 2018 yang diikuti 20 orang Guru dan siswa kelas 11 yang akan melaksanakan prakerin pada periode 10 Januari – 10 Mei 2019 mendatang. Yaitu Jurusan TKJ, Multimedia dan RBK (K3 Office), Teknik Grafika dan Teknik Permesinan Kapal (K3 Mekanik), dan Jurusan Listrik Kapal dan TITL (K3 Listrik).

Para pemateri yang dihadiri 15 orang dari Tim A2K3 dan seorang dokter ini memberikan materi dan pengetahuan K3 kepada Guru dan siswa agar dapat mengetahui sistem safety yang ada didunia kerja dan industri yang sesuai dengan standar internasional. Karena pada dasarnya, pengetahuan siswa tentang K3 masih sangat kurang dan belum sepenuhnya mengerti bagaimana keadaan keselamatan yang sesuai standar.

Penyerahan Piagam Penghargaan oleh Pengawas SMK kepada Tim A2K3

Peserta siswa pelatihan A2K3

Peserta Siswa diberikan materi oleh dokter

Pada kegiatan kali ini, para siswa diajarkan bagaimana caranya pertolongan pertama pada korban kecelakaan. Para siswa ini diberikan praktek Napas Buatan (CPR) pada korban tenggelam atau terkena asap dari kebakaran, materi penanggapan yang cepat bagi korban patah tulang dan korban tidak sadarkan diri.

Praktek Menangani Korban Patah Tulang

Praktek Menangani Korban Patah Tulang

Pengarahan Membawa Korban Menggunakan Tandu

Pengarahan Membawa Korban Menggunakan Tandu

Tim A2K3 memberi materi Teknik Napas Buatan (CPR)

Tim A2K3 memberi materi Teknik Napas Buatan (CPR)

 

Selain itu, peserta guru juga diberikan materi oleh Tim A2K3. Materi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam lingkungan kerja, lingkungan kerja yang safety seperti apa dan bagaimana cara penanggulangannya dan cara menghindari seminimal mungkin terjadi kecelakaan. Peserta guru juga diperlihatkan macam-macam kecelakaan kerja yang sudah terjadi dilingkungan kerja mulai dari hal-hal yang kecil sampai fatal.

Peserta Guru Pelatihan K3

Pemberian Materi oleh Tim A2K3

 

Siswa juga diberikan Materi K3 sesuai dengan jurusan mereka agar lebih memahami bahaya kerja yang biasa mereka temui saat melakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan di lingkungan kerja nantinya agar para siswa juga tau bagaimana cara melakukan keselamatan untuk diri dan orang lain.

Pemberian Materi Kepada Siswa Jurusan K3 Mekanik

Pemberian Materi Kepada Siswa Jurusan K3 Office

Pemberian Materi Kepada Siswa Jurusan K3 Listrik

Foto Bersama Tim A2K3 dan Peserta Guru

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para peserta terutama Guru dapat mengetahui bahaya dan resiko apa aja yang dapat terjadi di lingkungan kerja sehingga tau bagaimana cara meminimalkan resiko bahaya tersebut. Dan semoga kegiatan ini terus berlanjut kedepannya untuk menambah ilmu pengetahuan Guru tentang K3 sehingga membuat sekolah SMK Negeri 5 Batam menjadi sekolah yang menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).