PELATIHAN BASIC AWARENESS BERSAMA IA2K3 KOTA BATAM 2018

Pada hari Sabtu, 25 Agustus 2018 SMK Negeri 5 Batam mengadakan pelatihan Basic awareness K3 bekerja sama dengan IA2K3 (Ikatan Alumni AK3) Kota Batam. Pelatihan ini diikuti oleh siswa-siswi dari beberapa Sekolah di wilayah Sagulung dan Batu Aji Kota Batam seperti SMK Teladan, SMK Tunas Muda, SMK Globe 2 dan SMKN 5 Batam.

Peserta Pelatihan K3

Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Kepala SMK Negeri 5 Batam oleh Bapak Agus Sahrir, S. Pd., M. Pd di Gedung SMK Negeri 5 Batam ruang 07. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang Basic Awareness kepada siswa dan guru. Dengan harapan siswa-siswi memiliki bekal tentang prinsip keselamatan dan keamanan kerja saat mengikuti Praktek Kerja Industri yang akan dilakukan semester depan. Tidak lupa juga bahwa Kepsek SMK Negeri 5 Batam menyampaikan ungkapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak IA2K3 yang telah bersedia menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 5 Batam.

Peserta Pelatihan K3

Dalam Pelatihan K3 kali ini, Tim IA2K3 memberikan materi tentang keselamatan kerja dan bahaya narkoba. Para siswa diberikan pengarahan keselamatan kerja yang seperti apa yang seharusnya mereka lakukan saat praktek di workshop masing-masing. Dan para siswa juga diberikan Materi secara lengkap apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba dan bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi narkoba.

Pemberian Materi K3 dan Materi tentang narkoba

Setelah isoma, Tim IA2K3 melanjutkan memberikan materi berupa Praktek dilapangan utama SMK Negeri 5 Batam. Dilapangan ini semua siswa dan guru berkumpul untuk diberikan materi oleh Tim IA2K3 berupa bagaimana cara menghadapi kebakaran. misal kebakaran kecil yang timbul dari kebocoran gas elpiji 3kg hingga bagaimana cara memadamkan api yang benar sehingga tidak perlu takut ataupun panik saat menghadapi kebakaran.

Praktek Menggunakan APAR

Para siswa dan guru juga diberikan kesempatan untuk mempraktekkan bagaimana memadamkan api menggunakan tangan, APAR dan kain basah/ karung goni yang sudah dibasahi.

Dengan adanya Pelatihan K3 ini diharapkan para siswa peserta pelatihan dapat mengetahui bagaimana cara meminimalisir terjadinya kebakaran di lingkungan kerja dan sekitarnya

 

Foto bersama penutupan kegiatan pelatihan K3