BKK SMKN 5 BATAM ADAKAN SELEKSI PELATIHAN KARAKTER INDUSTRI

Spread the love

Sabtu, 15 September 2018—Ratusan Siswa Kelas XII SMKN 5 Batam mengikuti pretes seleksi Pelatihan Karakter Industri dalam program SMK Kawasan yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 mendatang. Pada tahun ajaran 2018/2019, minat siswa untuk bekerja sangatlah tinggi yaitu sejumlah 400 siswa. Hal ini sesuai program satuan pendidikan yang berbentuk SMK yaitu lulusannya siap bekerja dan mampu bersaing di Dunia Usaha/Dunia Industri. Pelatihan Soft Skills dan Karakter Industri sangatlah penting bagi siswa SMK guna menyiapkan siswa yang kompetitif.


Seleksi (pretes) yang diselenggarakan oleh Tim BKK merupakan seleksi awal akademis sebelum mengikuti pelatihan karakter industri. Pelatihan tersebut akan diikuti 100 siswa yang lulus seleksi untuk dipromosikan ke Perusahaan. Pelatihan ini diharapkan dapat membekali siswa dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.


Sudah 3 tahun berjalan pelaksanaan softskill di SMKN 5 Batam. Tahun Ajaran 2018/2019, Tim BKK menggandeng Guru BP/BK berupaya maksimal melaksanakan pemetaan minat karir siswa. Pemetaan ini diperlukan guna memberikan pelayanan program bimbingan karir yang sesuai dengan minat siswa. Tahun ini, pemetaan karir dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 548 siswa. Dari hasil pemetaan karir ada beberapa minat siswa setelah tamat dari SMK yaitu : Bekerja ke DU/DI, Melanjutkan Studi (kuliah), TNI/POLRI, dan wirausaha. (red)