GSMS SMK Negeri 5 Batam Ikut Melestarikan Kesenian Tradisional DiBidang Musik

Spread the love

GSMS adalah kepanjangan dari GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH  dengan Tujuan diselenggarakanya GSMS ini untuk menumbuhkan minat dan bakat peserta didik dalam bidang seni. Selain itu juga menjalin kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan para seniman. GSMS merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan sudah berjalan sejak tahun 2017.

SMK Negeri 5 Batam salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai peserta GSMS pada Tahun 2018. Pada kegiatan GSMS menyediakan  cabang seni Tari Tradisional, Musik, seni rupa dan seni Teater. Perwakilan dari SMK Negeri 5 Batam dikuti oleh 20 orang peserta didik yang terdiri dari kelas X dan XI , materi yang ditampilkan adalah Musik Tradisional yang menggunakan alat gambus,gitar,bass,kompang,biola,kybord,akordion,bebano, dan vokal yang dilatih oleh komposer Bapak Hafis Amd.Sn. SMK Negeri 5 Batam menampilkan karya musik tradisional yang dikolaborasikan dengan musik modern sehingga menghasilkan karya musik baru dan segar.

Dengan adanya kegiatan GSMS ini sangat membantu dan ikut serta mengembangkan minat bakat siswa yang mengarahkan pada kreatifitas dan aktifitas yang baik dan ikut melestarikan juga mengembangkan musik tradisional yang selama ini kurang diminati oleh peserta didik, sehingga musik tradisional mampu bersaing dengan musik modern atau musik luar. Kegiatan GSMS berproses selama tiga bulan dari bulan september  sampai dengan november 2018.

Semoga kegiatan GSMS ini berlangsung dengan lancar dan berkesinambungan sehingga ikut memajukan kesenian kesenian dikalangan siswa siswa SMK.