BKK SMKN 5 BATAM SELALU BERKOMITMEN MENEMPATKAN LULUSAN KE DUNIA USAHA DAN INDUSTRI.

Spread the love

“Sejalan dengan usia BKK SMKN5 Batam menuju tahun ke 4, Kami selalu  berupaya untuk terus berkomitmen mencegah dan mengurangi pengangguran khususnya lulusan SMKN 5 Batam”, ujar Noviarti, S.Pd ka. BKK SMKN 5 Batam.  Karna berdasarkan Data Badan Pusat Statistik Kepri (8/ 18) lalu tercatat ada 69.023 orang di Kepri yang menganggur. Jumlah tersebut didominasi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yakni sebanyak 12,98 persen atau sekitar 8.959 orang.

Pada tahun 2018 SMKN 5 Batam telah meluluskan sebanyak  372 lulusan. Dari jumlah tersebut sebesar 22%  alumni  berstatus Mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta di Indonesia, sedangkan  37% masih mencari pekerjaan dan sebesar 41 %  yang terserap di Berbagai Industri di Kota Batam, Mulai dari perekrutan langsung  kesekolah dari pihak industri maupun langsung mendatangi Perusahaan perusahaan kawasan Industri. Perekrutan  awal  biasanya di mulai beberapa minggu  setelah Ujian Nasional. Dengan bermodalkan Surat kelulusan dari  sekolah mereka sudah dapat mengikuti tahapan test di perusahaan yang sudah bekerja sama dengan SMKN 5 Batam. Ada beberapa perusahaan yang kerap melakukan perekrutan ke SMKN 5 Batam. Oleh karena itu BKK berupaya  agar lulusan dapat  bimbingan karakter industry melalui pelatihan soft skill yang selalu diadakan tiap tahun dengan mengandeng HRD dari beberapa Perusahaan di Batam

Komitmen inipun  di tunjukan dengan selalu mencari informasi-informasi lowongan Kerja melalui  Perusahaan rekanan ataupun Perusahaan Perusahaan baru lainnya . Dengan mengadakan kunjungan ke HRD perusahaan untuk memaparkan kompeten keahlian yang dimiliki oleh SMKN5 Batam melalui presentasi singkat. Di beberapa kesempatan kadangkala Perusahaan mengadakan kunjugan balasan ke SMKN 5 Batam, terutama untuk peninjauan   workshop Dan Laboratorium Komputer sekolah sebagai fasilitas uji kjompetensi mereka.

Kepala sekolah SMKN5 Batam, Agus Sahrir M.Pd maupun Waka bidang Humas Mery Willian S.Si sangat memberikan  wadah Dan dukungan yang besar terhadap perkembangan BKK ini sampai saat ini. Kerjasama yang baik akan memberikan hasil yang maksimal tentunya.