Revolusi Industri ke-4 Mengaburkan Batasan antara Lingkungan Fisik, Digital & Biologis

Spread the love

Dalam rangka menindaklanjuti Program Pendidikan Vokasi Industri maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMK bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian mengadakan Rapat Koordinasi Pengembangan Jejaring Kerja Sama Industri Wilayah Sumatera Bagian Utara yang dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 April 2019 di Allium Batam Hotel yang dibuka resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Dr. Muhd Dali, MM dan dihadiri oleh Kasubdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri Ditpsmk Saryadi ST, MBA, Seksi Kerjasama Industri Yulaiti Sri Hidayati M.Si dan Deputi pengembangan Vokasi dan politeknik Kementrian Perindustrian Mujiono.

Revolusi Industri 4.0

Salah satu narasumber pada kegiatan tersebut adalah Bapak Wijaya, beliau mengatakan Esensi dalam Revolusi Industri 4.0 yaitu :

  1. Industri 4.0 bukan berarti mengakhiri tenaga kerja industri, tetapi Merubah Pola Kerja
  2. Era digitalisasi berdampak pada perubahan Kualifikasi dan Kompetensi tenaga kerja
  3. Abstract thinking, information management, process responsibility, documentation and reading skills merupakan Kompetensi yang perlu dikuasai
  4. Project work, Team work and Shared work makin dibutuhkan yang menuntut Keterampilan Sosial
  5. Industri 4.0 menuntut setiap individu untuk fokus pada Inovasi dan Interaksi terhadap lingkungannya

Untuk itu diharapkan pada Revolusi Industri 4.0 ini pola pikir dapat dirubah untuk dapat terus bersaing dan menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya.

 

Aku SMK ! SMK Bisa! SMK Hebat ! SMK Bisa Hebat !