PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK) TKJ SMK NEGERI 5 BATAM

Spread the love

Pada lulusan SMK, Keahlian pada bidang jurusannya lebih diprioritaskan. Untuk meningkatkan kompetensi siswa pada jurusannya dilaksanakan uji kompetensi yang sesuai standar nasional sehingga bisa meningkatkan mutu dan tamatan yang diharapakan oleh dunia industri atau dunia usaha.

Pembukaan UKK Dan Kata Sambutan Dari Waka Kurikulum Bapak Anang Ekasuhcahyo, S.Pd Untuk Siswa – Siswi Jurusan TKJ Angkatan ke IV

Pembukaan UKK Jurusan TKJ Oleh Bapak Rizal Andre Bastian dari PT. Caterpillar Batam Selaku Penguji Eksternal Dan Penguji Internal Selaku Kakomli Jurusan TKJ Bapak Aditya Sigit Pamuncar, S.Kom

Panitia Pelaksana UKK Jurusan TKJ Ketua Pelaksana Bapak Hari Kurnia Shadly, S.Kom, Teknisi Bapak David Mediawan, S.Kom Dan Walikelas XII TKJ 1 Dan 2.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) jurusan TKJ SMK Negeri 5 Batam yang dimulai dari tanggal 8 hingga 11 April 2019 berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan. Pelaksanaan UKK diikuti oleh siswa-siswi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dengan jumlah 79 orang, sedangkan tim penguji terdiri dari pihak internal sekolah dan dari pihak Dunia Usaha dan Industri yang telah ditunjuk sebelumnya. Untuk penguji eksternal adalah Bapak Rizal Andre Bastian sebagai GIS Network Services & IPT Di PT Caterpillar Indonesia Batam.

Pengarahan Sebelum Pelaksanaan UKK Oleh Bapak Aditya Sigit Pamuncar, S.Kom Selaku Kakomli Jurusan TKJ

Pelaksanan UKK Hari Pertama

UKK Hari Ke Dua

UKK Hari Ke Tiga

UKK Hari Terakhir

Hari Terakhir Hingga Penutupan UKK Jurusan TKJ

Siswa-siswi jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sangat antusias dalam mengikuti proses tersebut. Terlihat keseriusan peserta didik dengan serius mengerjakan materi UKK yang telah diberikan. Bapak Aditya Sigit Pamuncar, S.Kom selaku ketua program studi (Kaprodi) TKJ menjelaskan bahwa pelaksanaan UKK untuk jurusan TKJ terlihat berjalan cukup baik. Siswa yang diuji semuanya rata-rata mampu menyelesaikan soal atau tugas yang diberikan melalui peralatan dan bahan pendukung seperti Koneksi Internet, Wifi Routerboard, Switch PC Clien/Laptop, Kabel UTP, Konektor RJ 45, Tang Crimping, Kabel LAN Tester dan Obeng.

Penutupan UKK Jurusan TKJ Angkatan IV Foto Bersama Penguji Dan Seluruh Panitia SMK Negeri 5 Batam

Harapannya, pengalaman praktik dan ilmu dalam UKK tersebut dapat sebagai bekal untuk mencari pekerjaan setelah lulus nantinya. Dengan melakukan uji kompetensi keahlian ini siswa akan merasa seperti kerja langsung di dunia industri.

#SMK Bisa

#SMK Hebat

#Aku SMK

Created by ASP (Aditya Sigit Pamuncar, S.Kom)