Masjid SMKN 5

Spread the love

Alhamdulillah kita memiliki masjid sendiri, demikian ungkap beberapa guru di Sekolah SMKN 5 Batam. Memang selintas kata-kata ini tidak begitu istimewa, namun jika kita renungkan begitu banyak sekolah yang tidak memiliki masjid di lingkungan mereka sendiri, kebanyakan anak-anak beribadah di kelas masing-masing bahkan harus keluar gerbang sekolah jika harus sholat jumat.

Ada setidaknya 10 (sepuluh) manfaat masjid bagi pendidikan anak-anak usia sekolah yaitu:

  1. Sekolah memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan Islam yang baik termasuk sarana tempat ibadah yang betul seperti masjid.
  2. Anak-anak akan mencintai masjid sebagai tempat ibadah yang nyaman dan khusu’.
  3. pembelajaran ibadah dapat dilakukan dengan baik dan betul karena arah kiblatnya betul dan bisa melihat orang dewasa yang beribadah dengan betul pula.
  4. Dapat menyampaikan keanak-anak kalau ibadah shalat wajib itu harus berjamaah dan di masjid untuk laki-laki.
  5. Membiasakan siswa tertib sholat di masjid agar saat di rumah juga bisa melakukan yang sama, jika memungkinkan juga mengajak ayah, bunda dan anggota keluaga lainnya untuk shalat di masjid.
  6. Mengajarkan siswa bagaiamana beradab yang baik selama berada di masjid.
  7. Menjadi citra yang baik bagi sekolah jika memiliki masjid.
  8. Keamanan siswa lebih terjamin dibandingkan dengan harus keluar gerbang khususnya saat sholat jumat.
  9. Membangun kebersamaan antar semua karyawan dan guru, karena pasti bertemu minimal saat sholat berjamaah.
  10. Bentuk kontribusi terhadap masyarakat, dimana penduduk sekitar sekolah juga menggunakannya untuk beribadah dan lainnya.

Untuk itu perlu kita syukuri ketika Sekolah SMKN 5 Batam memiliki masjid sendiri, mari kita maksimalkan peran masjid yang sudah terbangun megah ini.