Aplikasi BKK Online, Tools untuk BKK dan Alumni

Spread the love

Aplikasi BKK online atau lebih familiar dengan sebutan BKK online merupakan sebuah platform yang dikeluarkan oleh ditpsmk guna memudahkan kinerja BKK SMK diseluruh Indonesia. BKK Online diperuntukan untuk BKK dan Alumni SMK. Aplikasi untuk BKK memiliki fitur yang merupakan tugas utama BKK sehingga aplikasi ini memudahkan BKK dalam menjalankan aktifitas. Aplikasi BKK Online untuk Alumni memiliki fitur untuk melamar pekerjaan dan memperbaharui status pekerjaan. Aplikasi BKK Online juga memiliki versi android khusus untuk alumni SMK.

BKK Online dapat diakses dihalaman https://bkk.ditpsmk.net/login. Berikut merupakan fitur yang ada pada BKK Online untuk BKK:

  1. Dashboard

Halaman dashboard tersaji informasi umum seperti jumlah lulusan sekolah 3 tahun terakhir, jumlah mita industri mitra yang terdaftar, total lowongan yang sudah dibuka, Pengumuman lasjurin dan forum diskusi BKK.

  1. Setup BKK

Setup BKK terdiri dari 2 Menu yaitu Profile BKK dan Manajemen User. Dimenu profile BKK, admin BKK setiap sekolah dapat melakukan penggantin password, setting logo BKK. Kemudian menu manajemen User admin BKK dapat menambah akun untuk staf BKK, pada fitur ini BKK diberikan 4 user tambahan untuk melakukan manajemen BKK.

  1. Manajemen Mitra

Pada fitur Manajemen Mitra ini, terdapat 2 menu yaitu, Mitra Industri yang berfungsi untuk melakukan manajemen mitra industry yang pernah bermitra dengan BKK. Pada menu ini BKK diharuskan untuk membuat data mitra industri sebelum membuat loker difitur bursa karir. Menu kedua adalah Affiliate BKK, menu ini berfungsi untuk BKK agar bias saling berafiliasi. SMK yang berafiliasi dapat membuat loker dari perusahaan yang terdaftar dari sesame SMK yang berafiliasi.

  1. Manajemen Siswa

Pada fitur Manajemen Siswa, BKK dapat melakukan penelusuran alumni. Data yang ada pada menu ini merupakan data lulusan SMK di mana BKK tersebut berada. Misalnya BKK SMKN 5 Batam, maka data alumni yang ada pada menu ini adalah data alumni SMKN 5 Batam. Data alumni pada menu ini juga sudah tersinkron dengan sistem dapodik, sehingga BKK tidak perlu memasukkan data siswa, admin BKK cukup melakukan sinkron melalui tombol sinkron yang telah disediakan.

Fitur ini bisa menjadi jawaban dari sulitnya melakukan penelusuran alumni, karena dalam fitur ini terdapat fitur untuk melakukan update data keterserapan alumni, baik bekerja, kuliah ataupun berwirausaha.

  1. Bursa Kerja

Dalam fitur Bursa kerja terdapat 4 menu, yaitu Input Loker, list Loker, Jadwal Test dan Data Pelamar. Menu input loker di gunakan untuk menambahkan loker BKK. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk dapat menginput loker, terlebih dahulu BKK harus menambahkan data mitra industri. Misalnya untuk menambahkan loker PT A maka PT A sudah harus ada di dalam daftar mitra industry.

Menu selanjutnya adalah List loker, yang berfungsi untuk melihat semua loker aktif yang pernah dibuat oleh BKK.

Menu Jadwal Test berguna bagi BKK untuk menambahkan info jadwal tes bagi alumni yang memasukkan lamaran pada loker yang dibuat BKK.

Menu data Pelamar berisi data alumni yang melamar pada loker yang dibuat oleh BKK.

  1. Laporan

Fitur laporan pada aplikasi BKK online merupakan fitur yang berfungsi untuk laporan BKK tentang Keterserapan Lulusan dan data Mitra Industri yang terdaftar di BKK online.

 

BKK online untuk alumni memiliki halaman login yang sama, hanya saja user yang digunakan adalah NISN alumni. Adapun fitur yang ada pada aplikasi BKK online alumni adalah sebagai berikut.

  1. Mengganti Foto

Pada aplikasi BKK online untuk alumni disediakan fitur untuk mengupload foto dari alumni. Format foto yang diizinkan untuk diupload adalah .jpg dan .png serta dengan batas maksimal ukuran 1MB.

  1. Merubah alamat email
  2. Menambah Riwayat Pekerjaan, Wirausaha dan Kuliah

Pada fitur ini, alumni dapat menambahkan riwayat pekerjaan, wirausaha dan kuliah yang dijalani. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan penelusuran alumni dan mencatat riwayat alumni setelah lulus dari SMK.

  1. Melihat daftar lamaran

Apabila alumni memasukan lamaran terhadap suatu lowongan pekerjaan, alumni dapat melihat status dari lamarannya. Status yang akan muncul adalah

  • Diproses
  • Testing
  • Lulus
  • Tidak Lulus
  1. Pesan masuk

Menu inbox adalah menu untuk pusat pesan apabila alumni yang melamar mendapatkan informasi dari admin BKK.

Informasi yang dimaksud adalah informasi lamaran yang alumni masukan. Apabila akan dilakukan test akan lamaran yang dimaksud, dan admin BKK melakukan proses lamaran di admin, maka siswa yang akan dipanggil akan mendapatkan pesan pada menu inbox ini.

  1. Mengganti password

Alumni dapat merubah password dengan memilih menu Ganti password.

  1. Detail Lowongan

Tampilan informasi lowongan pada saat dipilih informasi detil atas sebuah lowongan. Pada halaman ini alumni dapat memasukkan lamaran pada lowongan kerja yang tersedia.

 

BKK di SMK diminta untuk mulai aktif menggunakan Aplikasi BKK Online, karena BKK online nantinya akan digunakan untuk dasar pencairan dana BOS Kinerja.

BKK online sesungguhnya menjadikan pekerjaan yang ada di BKK menjadi lebih mudah dan terdata secara terpusat. Sehingga data yang ada dari Sekolah hingga pusat menjadi sinkron dan tidak ada perbedaan data. Pekerjaan BKK yang salah satunya untuk penelusuran keterserapan alumni menjadi lebih mudah, karena adanya fitur penelusuran alumni di BKK online dan update profile di aplikasi BKK online khusus alumni di platform android. Sehingga pengumpulan data keterserapan alumni tidak hanya bias dilakukan oleh BKK, namun juga oleh alumni itu sendiri.

 

-vs