MELIRIK SISWA TERLAMBAT

Spread the love

Terlambat merupakan salah satu momok yang menyulitkan dalam penegakan disiplin siswa di sekolah khususnya SMK. Di SMK N 5 Batam hampir setiap hari siswa terlambat lebih dari 30 orang. Padahal segala upaya telah dilakukan yakni mulai dari sangsi point, panggilan orang tua sampai pada sangsi fisik. Siswa jurusan TITL juga tidak kepalang tanggung cukup banyak siswa yang terlambat. Hal ini membuat sedikit gerah kepala kompetensi keahliannya yakni Bpk Fery Supandi. Sampai saat informasi ini diturunkan, ka Komli TITL baru mendapatkan informasi sebab keterlambatan siswa tersebut.

Menurut ka komli TITL, ada tiga penyebab utama keterlambatan siswa TITL yakni :

  1. Terlambat bangun
  2. nompreng kawan
  3. tak ada kendaraan atau rusak

Diantara ke tiga penyebab keterlambatan itu yang paling dominan adalah terlambat bangun. Menurut pengamatan dan hasil wawancara dengan orang tua, siswa terlambat disebabkan karena mereka tidur rata-rata diatas jam 11 malam. Aktifitas siswa dirumah sehingga tidur selarut itu adalah bermain game online atau chating di Handphone.

Kerugian dan keuntungan teknologi pada siswa dalam menggunakan Handphone harus dilakukan penelitian lebih khusus lagi, namun untuk meminimalisir dampak negatif HP bagi siswa pada keterlambatan siswa maka ka Komli TITL akan mengusulkan kepada pihak sekolah agar sistem pembelajaran disekolah sudah memaksimalkan penggunaan HP sebagai media tambahan dalam pembelajaran. Hal ini bertujuan agar memaksimalkan penggunaan HP di Sekolah sehingga menyebabkan keletihan pada kegiatan tambahan di rumah. Namun ini akan melibatkan semua unsur di sekolah.

Ditulis oleh Fery Supandi ka Komli TITL SMK N 5 Batam