PEMBELIAN ALAT UKUR UNTUK PRAKTIKUM METROLOGI

Spread the love

Jurusan Teknik Mesin merupakan jurusan yang bergerak di bidang keteknikan permesianan yang berhubungan erat dengan kemajuan dan pengembangan teknologi keilmuan mesin baik secara penelitian ilmiah maupun rekayasa keteknikan lainnya.  Penelitian-penelitian terkait, erat hubungannya dengan ketepatan pengukuran setiap elemen yang ada. Salah satu alat ukur yang digunkan adalah jangka sorong. Jangka sorong adalah alat ukur yang memiliki ketelitian dapat mencapai seperseratus millimeter. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05mm untuk jangka sorang dibawah 30 cm dan 0.01 untuk yang diatas 30cm. Dengan menggunakan jangka sorong / caliper kita mendapatkan kontrol ukuran dan dimensi yang presisi dan akurat karena alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus millimeter.

Sebagai alat ukur, tentunya alat ini mempunyai kecenderungan dalam bergeser dari skala semestinya. sehingga sangat penting dilakukan kalibrasi sehingga hasil pengukuran yang dilakukan dengan jangka sorong / caliper ini tetap akurat. Bagian-bagian dari jangka sorong adalah :

  1. Gigi luar
    Bagian ini berfungsi untuk mengukur bagian suatu benda dengan cara diapit.
  2. Gigi dalam
    Bagian ini berfungsi untuk mengukur sisi dalam suatu benda dengan cara diulur (misalnya : lubang pipa)
  3. Pengukur kedalaman
    Bagian ini berfungsi untuk mengukur suatu lubang / celah suatu benda dengan cara menancapkan bagian pengukur. Bagian ini terletak didalam pemegang.
  4. Ukuran utama
    Bagian ini berfungsi untuk membaca hasil pengukuran dalam satuan cm untuk versi yang analog.
  5. Ukuran sekunder
    Sama dengan ukuran utama tetapi dengan satuan inch.
  6. Patokan pembacaan skala utama.
    Berfungsi sebagai patokan pembacaan skala dengan satuan cm.
  7. Patokan pembacaan skala sekunder (inch)
    Berfungsi sebagai patokan pembacaan skala dengan satuan inch.
  8. Untuk menghentikan atau melancarkan geseran pengukuran.