Kajian Putri, “Mempererat Ukhuwah”

Batam, 27 Juli 2019— Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya. Memberikan nikmat Iman dan Islam kepada kita semua. Meringankan langkah kaki untuk ikut kajian putri.

Ukhuwah artinya persaudaraan. Ada tiga macam ukhuwah, yaitu :

  1. Ukhuwah Islamiyah
  2. Ukhuwah Wathoniyah
  3. Ukhuwah Basariah/Insaniyah

Dalam Al Qur’an tidak mengajarkan kekerasan berupa teroris/ekstremisme. Ajaran yang menyimpang seperti ini, biasanya yang menjadi sasaran adalah sekolah umum, karena pendidikan dasar agama kurang. Yang perlu ditekankan adalah bahwa agama Islam tidak identik dengan kekerasan.

Dalam Al Qur’an Surat Al Ma’idah ayat 32, yang artinya, bahwa “ Oleh karena itu, Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barang siapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.

Ukhuwah Islamiyah, merupakan persaudaraan sesama muslim. Sesama muslim, saling menguatkan. Poin poin penting dalam Ukhuwah Islamiyah adalah :

  1. Ta’aruf, yaitu saling mengenal sesama muslim.
  2. Tafahum, yaitu bahwa saling muslim, harus saling memahami karakter masing-masing. Setiap manusia tidak ada yang sempurna, jadi sebagai saudara muslim saling berkhusnudzon.
  3. Ta’qoful, artinya sesama muslim harus memiliki rasa sepenanggungan. Saling membantu dan menolong saudara yang membutuhkan pertolongan.

Ukhuwah Wathoniah, yaitu persaudaraan antara seluruh warga negara, tidak memandang agama, ras, suku, dan warna kulit. Persaudaraan sebaiknya kita jalani dengan kasih sayang.

Ukhuwah Basariyah/Insaniyah yaitu persaudaraan sesama umat manusia. Persaudaraan yang saling menguatkan pada kebaikan, saling merangkul dalam hal yang baik.

Dengan adanya ukhuwah, diharapkan tercipta suasana yang baik, sehingga terlaksana program yang telah direncanakan.

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.