DRBK Urutan Teratas Keterserapan Alumni di Dunia Kerja

Spread the love

SMKN 5 Batam. Dalam pantauan data yang direkap oleh tim BKK SMKN 5 Batam setiap bulannya jurusan DRBK ( Desain Rancang bangun kapal ) mengungguli 9 Jurusan lainnya dalam keterserapan dunia kerja selama tiga tahun terakhir. Keterserapan alumni 2017 yakni mencapai angka 100 % . Alumni tahun 2018  sebanyak  91 % dan alumni tahun 2019 yang belum lewat satu semester sudah hampir 60 % bekerja di dunia usaha dan industri

Data ini di peroleh berdasarkan rumus yang disampaikan oleh Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Dalam Negeri, Bapak Afrizon, dalam beberapa kali seminar BKK di Batam. Beliau menyampaikan bahwa Jumlah alumni yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi dalam satu jurusan atau satu kelas harus segera di keluarkan dalam pendataan karena mereka akan masuk pendataan dari perguruan tinggi tersebut sehingga tidak akan  ada data ganda. Karena tugas dari BKK lebih fokus pada penelusuran yang bekerja.   Dari hasil pengurangan tersebut barulah di cari persentase yang sudah bekerja dan masih mencari kerja sebagai pengganti  Istilah pengangguran agar menimbulkan semangat dan kesan positif.

Data lain yang didapatkan tim BKK adalah jenis pekerjaan yang mereka tekuni. Mayoritas mereka menduduki posisi yang sangat relevan dengan latar belakang jurusan mereka  seperti Drafter dan Shop drawing. Kompetensi untuk dua posisi ini  sudah sangat cukup mereka dapatkan selama duduk dibangku sekolah. Apalagi dengan system pembelajaran TEFA, setiap pelajaran produktif mereka lebih terarah karena rombel akan di perkecil jumlah perkelasnya  dibanding pelajaran non produktif. Sehingga memantapkan mereka dalam belajar. Imbas dalam kesempatan perekrutan karyawan perusahaan untuk dua jabatan diatas tentu dengan mudah mereka lalui.

Keberhasilan alumni  jurusan DRBK dalam mendapatkan kesempatan kerja di dunia usaha maupun industry tidak lepas dari usaha sekolah dalam menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan ratusan HRD Perusahaan yang tersebar di Kota batam. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat baik dan membanggakan namun disisi lain tugas sekolah juga berat dalam mempertahankan kualitas lulusan yang sesuai dengan permintaan pasar. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah membekali mereka dengan karakter yang baik dalam bekerja sehingga bukan saja terampil bekerja juga punya akhlak yang baik. SMKN 5 selalu berkomitmen untuk menyelaraskan keduanya baik hardskill maupun softskill melalui pembekalan kerja setiap tahunnya.