SMKN 5 Batam Merancang Aplikasi Penelusuran Alumni

Spread the love

SMKN 5 Batam – Penelusuran Alumni merupakan suatu proses untuk melakukan pendataan bagi alumni setelah selesai masa Pendidikan disuatu instansi. Penelusuran alumni mutlak dibutuhkan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sebagai salah satu laporan kepada dinas Pendidikan.

Perkembangan industri 4.0 menuntut semua dapat bekerja secara cepat dan efisien. Penggunaan teknologi internet bukan lagi sebuah hal yang sulit dan sudah banyak contoh industri yang menggunakan internet sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan. SMKN 5 Batam dalam menghadapi tantangan industri 4.0 mencoba membuat beberapa inovasi, salah satunya dengan aplikasi penelusuran alumni berbasis web yang dapat di akses kapan saja dan dimana saja.

Melalui aplikasi penelusuran alumni, maka tim BKK (Bursa Kerja Khusus) SMKN 5 Batam, dalam melakukan pendataan dan pelaporan penelusuran alumni menjadi lebih mudah. Pengisian pendataan penelusuran alumni dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini hanya membutuhkan internet dan gadget seperti smartphone atau laptop, sehingga aplikasi ini sangat mudah di akses.

Proses perancangan ini dilakukan oleh tim BKK yang memiliki tupoksi untuk melakukan penelusuran alumni. Melalui diskusi dalam FGD (Forum Group Discussion) yang dilakukan tim BKK, didapatkan hasil bahwa dalam aplikasi penelusuran alumni tersebut harus memiliki data alumni yang dapat diinput oleh tim BKK, dan memiliki fitur untuk menambah kriteria alumni yaitu bekerja, melanjutkan kuliah atau berwirausaha. Dalam aplikasi penelusuran alumni juga harus menampilkan grafik untuk keterserapan alumni didunia industri dan harus menampilkan grafik perjurusan.

 

Aplikasi penelusuran alumni yang sedang dikerjakan ini diberi nama Sistem Informasi Penelusuran Alumni atau SIPAL. SIPAL diharapkan dapat digunakan oleh sekolah, tidak hanya SMKN 5 sebagai perancang aplikasi tapi juga SMK yang membutuhkan aplikasi tersebut, untuk itu nantinya SMKN 5 Batam berencana membuka diri bagi seluruh SMK yang ingin menggunakan aplikasi ini untuk bekerja sama dalam memajukan dunia Pendidikan. Proses pembuatan SIPAL dikerjakan oleh guru TKJ (Teknik Komputer dan  Jaringan) SMKN 5 Batam dan diharapkan dapat selesai pada awal bulan November 2019.

Berikut rancangan tampilan halaman utama aplikasi SIPAL yang akan di kerjakan.

 

-vs