Pemilihan Duta Literasi SMKN 5 Batam 2019

Spread the love

SMKN 5 BATAM – Pemilihan Duta Literasi yang diselenggarakan di SMK Negeri 5 Batam merupakan acara perdana yang dilakukan oleh Waka Kesiswaan di bawah pimpinan Bu Endah Kumalasari, S. Pd. Acara ini diselenggarakan di lapangan utama SMK Negeri 5 Batam pada hari Kamis, 27 November 2019 Pukul 06.45 Wib. Acara ini berlangsung dengan sangat meriah dan disambut antusias oleh seluruh peserta dan juga siswa-siswi lainnya.

Acara ini bertujuan untuk mengaplikasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan oleh pemerintah. Tujuan lain diselenggarakan acara ini untuk menggali potensi siswa-siswi di dalam penguasaan dan pemahaman Public Speaking untuk dinobatkan sebagai Duta Literasi Sekolah. Peserta acara ini adalah siswa-siswi yang sudah lolos dari beberapa tahapan. Peserta pemilihan Duta Literasi ini terdiri dari 15 finalis dari kelas dan jurusan yang berbeda-beda.

Salah satu syarat yang harus dilengkapi seluruh finalis adalah membuat tulisan berbentuk opini. Jumlah kata adalah 500 kata minimal. Pada hari pelaksanaan seluruh peserta mempresentasikan tulisan masing-masing di depan seluruh siswa-siswi SMK Negeri 5 Batam. Beberapa aspek yang dinilai dalam presentasi seperti organisasi presentasi, konten, penampilan, dan kemampuan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri. Dewan juri lomba ini diundang dari Universitas Riau Kepulauan. Juri I adalah Nina Agustyaningrum, S. Pd., M. Pd dari Prodi Matematika dan Juri II adalah Sulastri Manurung, S. S., M. Pd dosen Prodi Bahasa Inggris Universitas Riau Kepulauan.

Berdasarkan pengakuan dewan juri bahwa kemampuan siswa-siswi SMK Negeri 5 Batam dalam presentasi sudah sangat bagus. Meskipun demikian para juri juga menyarankan agar tetap ditingkatkan. Penentuan hasil pemilihan Duta Literasi SMK Negeri 5 Batam mutlak menjadi kewenangan dewan juri. Hasil pemilihan ini akan diumumkan setelah hasil penilaian diberikan oleh dewan juri.