PT. USDA SEROJA JAYA Tunjukan Hasil Praktek Siswa Selama PKL

Spread the love

        

Kerjasama SMKN 5 Batam dengan PT. Usda Seroja Jaya dalam bidang Praktek Kerja Industri selama ini telah berjalan baik. Dimana 13 orang siswa Jurusan pengelasan telah belajar selama lebih kurang 5 bulan. Mereka ditempatkan diberbagai departemen welding untuk langsung belajar dan merasakan suasana bekerja. Hal ini sejalan denga tujuan dari PKL :

  1. Memberikan pengalaman kerja langsung (real) kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.
  2. Menanamkan etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja dalam menghadapi tuntutan pasar kerja global.
  3. Memenuhi hal-hal yang belum dipenuhi di sekolah agar mencapai    keutuhan standar kompetensi lulusan.
  4. mengaktualisasikan salah satu bentuk aktivitas dalam  penyelenggaraan Model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan Institusi Pasangan Du/Diyang memadukan secara sistematis dan sistemik.

Hasil praktek di lapangan beberapa siswa diperlihatkan kepada Kepsek dan guru untuk dapat di evaluasi, Pembimbing lapangan PT. Usda Seroja Jaya Bapak Asmawi menyatakan siswa-siswa sudah dapat megikuti irama bekerja di perusaan dan memperkuat kompetensi yang dimiliki sebagai bekal nanti jika bekerja setalah lulus dari SMK