Tradisi Unik Tahunan Anggota PMR

Spread the love

Batam, 15 Desember 2019 — Tradisi atau kebiasaan yang dilakukan oleh anggota PMR SMKN 5 Batam setiap tahun berupa pengambilan lambang. Pengambilan lambang dimaksudkan bagi setiap anggota yang bergabung dalam organisasi ini. Setiap anggota wajib mengikuti beberapa rangkaian kegiatan sebelum ditetapkan sebagai anggota. Selain itu, setiap anggota juga harus menguasai teknik dalam pengananan korban dan pertolongan pertama.

Tradisi pengambilan lambang tahun ini dilaksanakan setelah adanya pelantikan gabungan PMR se-Kota Batam Tahun 2019. Setelah kegiatan pelantikan gabungan, anggota tidak serta merta memperoleh lambang PMR yang nantinya akan dikenakan di seragam sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk mendidik kedisiplinan dan tanggungjawab sebagai anggota PMR.

Tradisi pengambilan lambang ini dikemas dengan berbagai rangkaian kegiatan kepalangmerahan. Guna membekali anggota sebelum diterjunkan ke lapangan. Latihan PPB (Peraturan Baris-Berbaris) misalnya, ini akan mengajarkan kepada mereka tentang kedisiplinan. Selain itu, ada juga pendalaman materi seputar PMR atau kepalangmerahan. Setelah mereka mengikuti kegiatan tersebut, maka selanjutnya mereka bisa menerima lambang PMR sebagai tanda keanggotaan di organisasi PMR SMKN 5 Batam.