MENYOROT SISTEM TEFA DI TITL SEMESTER GENAP

Spread the love

Sistem pembelajaran dengan model TEFA (teaching factory) merupakan model pembelajaran yang sangat sesuai dengan industri, namun hal ini tidak lepas dari keinginan sekolah yang ditunjang oleh guru dan fasilitas sekolah. Secara sederhana, model pembelajaran TEFA lebih menitik beratkan kepada produk yang dihasilkan, baik itu pruduk benda atau alat maupun dalam produk jasa.

Jurusan TITL juga telah mengikuti program TEFA selama satu tahun ini cukup banyak mengalami kesulitan terutama dalam sarana prasarana yang mendukung itu. Produk yang akan dihasilkan dalam jurusan TITL ini adalah produk jasa,yakni kemampuan siswa dalam menguasai sistem Instalasi Tenaga dan Motor untuk tingkat industri dan gedung.

Hasil utama sebagai produk pada jurusan TITL adalah kemampuan siswa untuk merancang sistem kontrol pada motor industri dan instalasi penerangan dan tenaga untuk gedung bertingkat serta swalayan.  Hal ini selaras dengan kompetensi yang diperlukan untuk memenuhi standar kompetensi dari BNSP yang dituangkan dalam skema instalasi tenaga listrik.

Dibandingkan dengan semester sebelumnya, semester genap tahun pelajaran 2019/2020, model pelajaran TEFA lebih terasa ringan. dimana kondisi ruang belajar lebih leluas dan tidak terlalu sempit. hal ini disebabkan oleh penambahan ruang belajar yang jumlahnya cukup banyak sehingga siswa yagn belajar lebih tersebar. berikut kondisi bengkel selama pembelajaran TEFA di jurusan TITL.

Sebelum praktik siswa dapat mengikuti arahan atau teori sederhana dan dapat dikelompokkan pada space ruangan yang cukup.

Gambar diatas keondisi siswa pada saat pelaksanaan praktik, dimana sebagian siswa sedang menyiapkan laporan sebelum pelaksanaan praktik.

Produk yang akan dihasilkan pada siswa TITL adalah siswa yang lulusan TITL memiliki kemampuan :

  1. MEmasang Instalasi penerangan dan tenaga dan gedung bertingkat serta swalayan
  2. menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam pengerjaan Instalasi
  3. Merancang sistem kontrol motor berbasis PLC
  4. Memiliki kemandirian dan mampu berkerja sama dalam tim
  5. kerja keras disiplin dan jujur

Pada kesempatan lain, ketua jursan TITL bapak Fery Supandi menyampaikan bahwa untuk tahun  ajaran baru nanti TITL akan mengembangkan kompetensi keahlian dalam peamsangan instalasi dan perancangan sistem pembangkit Solar Cell (tenaga Surya). Namun program tersebut sedang disusun agar dapat disesuaikan dengan kurikulum yang ada.