Pembinaan Kantin Sehat di SMKN 5 Batam

Spread the love

Batam, 20 Januari 2020— Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) yang dilakukan oleh Puskesmas Sei Langkai Kota Batam pada Senin (20/1/2020) merupakan program Pembinaan Kantin Sehat dan PHBS di lingkungan SMKN 5 Batam. Inspeksi tersebut dimaksudkan untuk menjaga kesehatan peserta didik agar terhindar dari makanan yang kurang sehat. Kantin sekolah merupakan sasaran kegiatan tersebut, dimana pemilik kantin diwajibkan menyediakan jajanan sehat.

Tersedianya jajanan sehat akan mendukung proses belajar bagi siswa. Bahan-bahan makanan berbahaya juga dilarang untuk diperjualbelikan di kantin sekolah. Pemilik kantin juga dihimbau agar memperhatikan makanan yang dijualnya antara lain ; dari bahan makanan yang digunakan, proses memasaknya, kebersihan peralatan masak dan tata letak alat masak. Tak luput, cara penyajian makanan dan juga penggunaan celemek bagi pemilik kantin. Hal ini untuk menjaga kebersihan makanan.

SMKN 5 Batam telah melarang penggunaan bahan plastik untuk jajanan di sekolah. Para siswa dianjurkan membawa tempat makan dan minum untuk jajan di kantin sekolah. Hal ini untuk mengurangi penggunaan limbah plastik yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, juga mendukung program Go Green sekolah dengan mengurangi sampah plastik.

Dari hasil inspeksi, kantin di SMKN 5 Batam masih aman untuk dikonsumsi peserta didik. Hal ini disampaikan langsung oleh Puskesmas kepada kepala sekolah. Kedepannya, kantin sekolah harus sesuai standar jajanan sehat bagi siswa yang memperhatikan kesehatan, kebersihan serta terhindar dari bahan-bahan makanan berbahaya.