Kamis, Rutinitas Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD)

Spread the love

Batam, 30 Januari 2020—Pemberian dan pencanangan minum obat “Tablet Tambah Darah (TTD)” bagi siswi SMKN 5 Batam secara rutin diberikan setiap hari Kamis. Hal tersebut sesuai kebijakan pemerintah terkait program pemberian obat TTD bagi remaja putri diseluruh Indonesia. Obat TTD diberikan melalui Puskesmas yang disalurkan oleh petugas UKS.

SMKN 5 Batam telah memberikan obat TTD secara rutin melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SMKN 5 Batam. Obat penambah darah (TTD) sebaiknya diminum secara rutin seminggu sekali, yaitu setiap hari Kamis. Pemberian obat TTD ini, dimaksudkan untuk membantu kebugaran bagi remaja putri.

“Pencanangan minum obat TTD telah dilaksanakan sejak tauhn 2019 secara rutin di sekolah”, ujar Pembina UKS. “Apabila obat TTD diberikan ke siswa secara langsung, kita tidak mengetahui apakah dapat dipastikan diminum”, imbuhnya. Sehingga sekolah membuat kesepakat untuk diminum secara bersama-sama di sekolah setiap hari Kamis.

Tablet penambah darah dibutuhkan untuk mengatasi anemia pada remaja putri agar berprestasi di sekolah. Remaja putri memang mudah terkena anemia yang ditandai dengan tubuh mudah lemas ataupun mudah pingsan, karena mengalami menstruasi. Kondisi itu membuat sel darah berkurang yang ditambah dengan gizi yang tidak seimbang.

Obat penambah darah sebagai langkah awal untuk mencegah timbulnya penyakit anemia bagi wanita usia subur. Bila kekurangan zat besi yang bisa mengakibatkan mudah lelah, lemas, dan loyo yang mengakibatkan siswa mudah mengantuk dan menurunnya produktivitas belajar siswa.