Siswa Multimedia Belajar Mengenal dan Merakit Komputer

Spread the love

Siswa SMKN 5 Batam Kelas X Praktek Merakit Komputer, kegiatan praktek merakit komputer ini dilaksanakan pada jam kegiatan belajar mengajar di ruang belajar gedung SMKN 5 Batam dengan guru pengampu Pak Fendi Susanto, S.Kom. Dalam tutorial kali ini selain mendapat ilmu cara merakit komputer (PC) juga akan memberi kepuasan sendiri apabila nanti anda berhasil membuatnya. Memang kegiatan merakit komputer (PC) sangat mengasikkan, apalagi bila ingin meng-upgrade bagian komponen- komponen komputer (PC).

Siswa pertama diajarkan untuk mengenal perangkat-perangkat apa saja yang ada didalam Casing Komputer seperti Motherboard, Prosessor, RAM, VGA, IO Port, Kabel Data, Kabel Power, Powersuply dan lain sebagainya. Siswa juga mengenal bagaimana fungsi dari masing-masing perangkat komputer tersebut sebelum mereka merakitnya menjadi satu perangkat yang bisa digunakan secara utuh.

Mereka menyiapkan alat sebagai berikut:
Obeng, tang, jumper, baut, tester, tespen, spidol, lakban, anti strum, Software, baik OS maupun sistem aplikasi, plus utilitinya.

Berikutnya kita akan belajar bagaimana step by step memasang hardware komputer. Dalam proses perakitan setidaknya ada 10 proses pemasangan hardware, yaitu:
1.Penyiapan motherboard
2.Memasang Prosessor
3.Memasang heatsink
4.Memasang Modul Memori
5.memasang Motherboard pada Casing
6.Memasang Power Supply
7.Memasang Kabel Motherboard dan Casing
8.Memasang Drive
9.Memasang card Adapter
10.Penyelesaian Akhir

Diharapkan setelah mereka dapat menentukan spesifikasi komputer (PC) mereka sendiri. Untuk itu benar-benar tau cara merakit komputer (PC) yang baik.