Layanan BK Online

Spread the love

BK SMKN 5 Batam – Sejak mewabahnya virus Covid-19 atau virus corona dan dinyatakan sebagai pandemic oleh World Health Organization (WHO), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan surat edaran agar para siswa belajar dari rumah. Sekolah-sekolah menerapkan metode pembelajaran dan penilaian jarak jauh secara pembelajaran dalam jaringan (daring), terkhususnya SMKN 5 Batam.

Pelajaran produktif maupun normatif dilakukan secara daring melalui platform E-learning SMKN 5 Batam. Begitu juga dengan Bimbingan dan Konseling (BK), selama siswa dirumahkan pelayanan BK dilakukan secara online melalui Whats App Grup dan E-learning bagi siswa yang sudah di pembinaan BK. Banyak hal-hal yang bisa dibagikan melaui platform ini, selain untuk konseling tetapi juga untuk mengedukasi siswa dalam menghadapi wabah Covid-19 atau virus corona.

Selama daring berjalan, ada beberapa keluhan siswa mengenai proses pembelajaran yang mereka laksanakan ditambah dengan wabah Covid-19 atau virus corona yang mengancam kenyamanan mereka sehingga ada sebagian menjadi obsesive compulsive (melakukan sesuatu secara berulang-ulang). Tetapi, ada juga sebagian mereka tidak peduli dengan virus ini, yang seharusnya stay at home tetapi keluyuran di luar rumah. Maka dari itu, sangat pentingnya peran guru terkhusus guru BK dalam menyikapi kasus ini. BK SMKN 5 Batam dengan platform yang telah disediakan pihak sekolah mengedukasi siswa dengan cara jarak jauh. Hal ini tidak mengurangi minat siswa untuk konseling. Siswa sangat antusias, apalagi adanya layanan informasi dan layanan konten yang menambah wawasan mereka dengan media layanan menarik.

 

i’m