Kartu Prakerja juga bisa untuk alumni SMK

Spread the love

SMKN 5 Batam – Jum’at 11 April 2020 pemerintah resmi meluncurkan program kartu prakerja sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kompetensi kerja, produktivitas, dan daya saing.

Apa itu kartu prakerja? Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Singkatnya, semua warga bangsa yang berusia diatas 18 tahun dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Oleh karena itu alumni SMK yang tidak sedang mengikuti Pendidikan formal juga merupakan bagian prioritas dari program ini.

Setiap pendaftaran Pengguna akan diseleksi oleh Manajemen Pelaksana sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Komite. Adapun tahap pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat akun di situs prakerja.go.id, Pendaftaran Akun harus menggunakan email dan/atau nomor ponsel Pengguna yang masih aktif
  2. Konfirmasi akun di email yg di daftarkan
  3. Mengisi data diri secara benar dan lengkap
  4. Upload Foto KTP dan Foto Selfie saat memegang KTP
  5. Masukkan kode OT yang dikirim ke No HP yang didaftarkan
  6. Tes motivasi dan kemampuan dasar ± 15 menit
  7. Tunggu email pemberitahuan dari prakerja
  8. Jika mendapatkan email pemberitahuan, segera login Kembali ke prakerja.go.id untuk bergabung ke gelombang pendaftaran yang tersedia
  9. Kartu prakerja siap digunakan
  10. Info lebih detail bisa kunjungi website resmi prakerja di https://www.prakerja.go.id/

Bantuan Pelatihan yang telah disetujui akan diberikan secara non tunai, untuk dapat digunakan oleh Penerima Manfaat untuk membeli atau membayar biaya Pelatihan melalui Platform Digital. Bantuan Pelatihan wajib digunakan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterima Penerima Manfaat, dan wajib digunakan dalam tahun anggaran berjalan.

 

-vs

#smkbisa #smkhebat #smkbisahebat #GuruPenggerak #MerdekaBelajar #SMKN5Batam #prakerja #kartuprakerja