Amos Girsang: Alumni yang Mendapat Beasiswa Kerjasama UIB dan Pemerintah Korea Selatan Kembali ke Tanah Air

Spread the love

Sagulung. Tamatan Listrik Kapal angkatan 2015 ini sudah hampir menyelesaikan Thesis Project studi S1 nya di  Sun Moon University, Cheonan Korea Selatan melalui program beasiswa pemerintah Korea. Menginjakkan kaki lagi di  Batam pada bulan Maret, sebulan yang lalu, dan langsung menghubungi BKK. 

“Hi good evening, mom! How are you doing good? I hope you and all of the entire you’re family keep healthy and stay safe!  Tbh I’ve been came back to indonesia in earlier this month. But I just don’t texted you during this time 😅”

Kepada Tim BKK Amos dulu pernah  menyampaikan keinginan  untuk melanjutkan Program Magister ke German setelah Program S1 nya selesai.  Saat  berkunjung ke SMKN 5 waktu itu juga masa libur perkuliahan, tepatnya 2 tahun lalu. Dan BKK sengaja mengundang Amos untuk berbagi pengalaman dan memberi motivasi kepada juniornya  dilapangan  upacara saat itu . 

Amos meninggalkan Korea di saat Pandemic di Indonesia mulai menghkawatirkan. Untunglah saat itu belum ada pembatasan terbang antar Negara sehingga Amos tidak mendapatkan kesulitan kembali ke Batam. Amos juga bercerita kondisi pandemic di Korea saaat dia tinggal di sana  tidak  terlalu banyak korban yang meninggal. Amos cukup Khawatir dengan kondisi pandemic ini karena dia belum bisa kembali ke Korea untuk menyelesaikan thesisnya.

Melalui chat wa nya  kepada BKK, yang selalu menggunakan bahasa Inggris ini, Amos agak pesimis dapat menyelesaikan studinya pada tahun ini bila pandemic ini tak kunjung ada penurunan yang significant dalam waktu dekat.

“ Ahh.. I see.. so do i mam. Tbh I have to do my thesis project and also the report in this semester. But bc the pandemic I don’t think it will be work as I planned 🙁. I officially graduated from my univ in korea. Still can’t even sure how long I will be stay in Indonesia, bc I still have another plan which is I have to do in abroad.

Ketika BKK meminta untuk sharing pengalaman dan informasi untuk Junior ataupun untuk SMKN 5, seperti biasanya Amos sangat antusias, karena kondisi saat ini belum bisa bertatap muka dan bersilaturahim secara langsung sehingga Amos menuangkannya dalam bentuk Video motivasi yang berisi tentang Kuliah di luar Negeri dapat merubah Mindset. 

Diakhir chating wa  yang cukup panjang dan berhari hari ini. Amos tak lupa untuk menyampaikan salam kepada seluruh Bapak dan Ibu guru SMKN 5 juga Kepsek, Bapak Agus Sahrir M.Pd, serta minta doa agar dimudahkan segala urusannya sehingga cita-citanya untuk melanjutkan Kuliahnya ke German bisa terwujud.