Pembekalan dalam membuat cetak saring Produksi Grafika kelas XI smkn5 batam

Spread the love

Produksi Grafika kelas XI Grafika1,langkah pembuatan karya cetak saring. Smkn5 Batam Jln kav.Bukit Kamboja – Kel. Sri Pelunggut-kec Sagulung Kota Batam.

Produksi Grafika dalam cetak saring adalah salah satu dari ilmu grafika terapan yang bersifat praktis. Cetak saring dilakukan untuk mencetak sebagai media iklan visual seperti, kertas, kain, plat dan media yang lain yang tidak mengandung air. Cetak saring digunakan untuk melakukan reproduksi desain, seperti kartu nama, kartu undangan, T’shirt, stiker dan lainnya. Dengan kuantitas lebih dari satu untuk menghasilkan hasil yang serupa.

Secara garis besar percetakan dibagi menjadi 4 bagian yaitu.. cetak datar, cetak dalam, cetak tinggi,dan cetak saring.

Salah satu cetak sablon termasuk bagian cetak saring, karena menggunakan alat cetak “screen” screen printing” mengerjakan sablon tidak sulit dan tidak memakan biaya besar, cukup hanya menyediakan peralatan seperti.:

Screen ( kain Gasa terbuat dari Polyster/Nylon)

Rakel ( alat sapu terbuat dari karet sintetis)

Obat Afdruk( cairan kental/ emilsion)

Mika ( alat pemoles obat Afdruk)

Sinar matahari/ lampu ( penyinaran saat mengafdruk)

Busa( untuk mengeprees film pada screen)

Semprotan Air ( pengembang gambar hasil Afdruk )

Meja Sablon

Tinta/Cat ( khusus sablon.

3 aspek teknik cetak saring: pertama, Teknik pembuat film sablon, kedua, teknik mengafdruk screen, ketiga, teknik cetak saring segala dasar, dengan memahami ketiga dasar tersebut, maka siswa sudah bisa memulai pekerjaan cetak saring yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan atau pun bisa menjadi pekerjaan tetap.