PARTISIPASI JURUSAN KELISTRIKAN KAPAL DALAM RAPAT PERCEPATAN REVITALISASI SMK TEACHING FACTORY MENUJU BLUD

Spread the love

Batam – SMK Negeri 5 Batam mendapatkan undangan dalam agenda : Rapat Percepatan Revitalisasi SMK yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2020 dimulai pukul 08.45 wib, melalui zoom meeting. Adapun undangan tersebut diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Perwakilan dari Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal dihadiri oleh Ketua Kompetensi Keahlian (Kakomli) yaitu : Ibu Ratna Dewi, S.Pd

Pemerintah mendorong sekolah menengah kejuruan (SMK), khususnya SMK yang menerima bantuan program revitalisasi SMK, untuk mengubah teaching factory unggulan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sesuai dengan kewenangan, maka regulasi ditetapkan oleh pemerintah daerah, yakni Gubernur.

“Karena sekolah menengah atas dan kejuruan di bawah tanggung jawab provinsi, maka aturannya adalah Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri). Dan Permendagri yang terbaru, yakni Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 sudah ada tentang BLUD.

Melalui BLUD, SMK yang memiliki produk-produk unggulan dapat mengelola proses produksi di teaching factory secara lebih fleksibel tanpa melanggar peraturan. Selain itu, siswa akan dilatih untuk memproses produksi selayaknya industri. Produk yang dihasilkan tidak lagi menjadi produk hasil praktik saja, tetapi juga menjadi produk yang dapat dipasarkan secara umum karena memenuhi standar industri.