SMKN 5 Batam: Persiapan Pelaksanaan Witness di Jurusan Teknik Elektronika Industri

Spread the love

Pelaksanaan Witness yang awalnya akan dilaksanakan tanggal 7 November 2020 tapi kemudian ditunda pelaksanaannya oleh BNSP. Karena hal tersebut jurusan Teknik Elektronika Industri mempersiapkan siswa/siswinya untuk keperluan tersebut.

Persiapan itu sendiri dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 22 sampai 27 Oktober 2020 dengan 5 peserta yang merupakan siswa kelas XII di jurusan ini. Ke-5 siswa ini sebagai perwakilan dari 73 orang peserta yang nantinya akan disertifikasi lewat Lembaga Sertifikasi P1 yang dimiliki oleh SMKN 5 Batam.

Witness nantinya yang akan menguji 2 soal yang mewakili seluruh kompetensi yang dimiliki oleh lulusan dari jurusan ini. Kedua soal tersebut berkaitan dengan pengoperasian mikrokontroller, dan pengoperasian peralatan dan sistem pneumatik yang dikontrol oleh PLC. Ketiga kompetensi ini merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan jurusan teknik elektronika industri dan dibutuhkan pada saat mereka bekerja di industri nantinya dalam hal ini industri manufacturing.