Ketua OSIS SMKN 5 Batam Lolos ke ISLC Universitas Indonesia 2021

Spread the love

Batam – Perhelatan akbar nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia dalam acara Indonesia Students Leadership Camp 2021 menjadi ajang paling bergengsi setiap tahunannya. Program ini diikuti oleh Ketua-ketua OSIS SMA, SMK, MA dan MAK dari ribuan sekolah di Indonesia yang berhasil masuk ke top 100 ketua OSIS terbaik. Tujuan program ini adalah untuk memilih ketua OSIS terbaik Indonesia yang diharapkan menjadi calon pemimpin ke depan.

Seleksi masuk ke top 100 bukan hal yang mudah. Butuh perjuangan berat dan konsentrasi. Perlombaan menuju top 100 adalah lomba menulis essay dan video presentation skills. Dalam kesempatan ini Rizky Ramadhan selaku Ketua OSIS SMKN 5 Batam berhasil menebus dinding top 100 ketua OSIS Indonesia. Dia di bawah bimbing Pak Albert Efendi Pohan mengusung topik tentang Peningkatan Karakter Out Put Pendidikan Vokasional Melalui Pendekatan Filsafat Perenialisme. Dalam tulisannya dijelaskan bahwa alumni SMK merupakan pendonasi masalah pengangguran di Indonesia, hal ini bukan karena aspek keterampilan siswa SKM yang lemah, melainkan adanya karakter lulusan SMK yang tidak seiring dengan budaya organisasi Dudi. Maka lewat tulisan ini, beliau menawarkan solusi secara epistemik untuk meningkatkan kualitas afektif lulusan SMK.

Tindak lanjut dari program ini, Risky Ramadhan selaku Ketua OSIS SMKN 5 Batam akan mengikuti rangkaian acara ini pada bulan Februari 2021 di Universitas Indonesia Jakarta. Sebelum keberangkatan, beliau akan terus melakukan persiapan agar hasil yang diharapkan di tingkat nasional dapat tercapai.

Selama proses latihan di lapangan, Wakil Kepala Bidang kesiswaan Bu Endah Kumala Sari sangat mendukung dan memfasilitasi semua keperluan dengan taktis. Hal ini berdampak terhadap efektifitas persiapan untuk mengikuti lomba ini. Dan secara materil dan moril, Kepala SMKN 5 Batam sangat mendukung program bergengsi ini sebagai upaya meningkatan prestasi dan karir siswa-siswi SMKN 5 Batam. Harapannya, SMKN 5 Batam semakin kompetitif di ajang-ajang tingkat nasional.