SMKN 5 Batam Masih Menjadi Primadona Bagi Masyarakat Kota Batam

SMKN5BATAM.SCH.ID– Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 sudah selesai. Dari jumlah pendaftar yang melamar ke SMK Negeri 5 Batam, bisa ditarik kesimpulan bahwa SMK Negeri 5 Batam masih menjadi primadona bagi masyarakat kota Batam. Hal ini terlihat dari jumlah pelamar lulusan SMP sederajat ke SMKN 5 Batam yang berjumlah sebanyak 1380 orang. Namun, karena keterbatasan daya tampung dan untuk menjaga efektivitas belajar, SMKN 5 Batam hanya bisa menampung sebanyak 896 Orang. Dari total 896 orang tersebut, sudah dilakukan pemenuhan kelas agar pelamar yang memiliki minat melanjutkan pendidikannya di SMKN 5 Batam, tidak kecewa.

Setiap tahun, pelamar yang ingin melanjutkan ke SMKN 5 Batam selalu mengalami peningkatan.  Sebagian besar alasan masyarakat kota Batam mendorong anaknya untuk bersekolah di SMKN 5 Batam agar setelah tamat, anaknya bisa bekerja di berbagai perusahaan yang ada di kota Batam. Ada juga, yang berharap agar anaknya bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi setelah tamat dari SMKN 5 Batam.  Fenomena ini, berbanding lurus dengan prestasi yang diraih oleh alumni SMKN 5 Batam dan upaya yang dilakukan oleh SMKN 5 Batam, agar menghasilkan lulusan yang berkompeten, berakhlak mulia, Terampil dan Berkarakter.

Siswa/siswi yang ada di SMKN 5 Batam, tidak hanya masyarakat yang berdomisili di dekat SMKN 5 Batam. Masyarakat yang berdomisili jauh dari SMKN 5 Batam, juga banyak yang tercatat menjadi siswa/siswi SMKN 5 Batam. Misalkan saja, peserta didik yang berdomisili di Bengkong, Jembatan Barelang II, Tiban, Batam Centre bahkan masyarakat yang berdomisili di luar pulau Batam, misalkan Belakang Padang, ada yang menjadi siswa/siswi aktif SMKN 5 Batam.

Jurusan yang ada di SMKN 5 Batam adalah jurusan yang berkaitan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri yang ada di kota Batam, sehingga kurikulum yang diterapkan di SMKN 5 Batam adalah kurikulum yang berhubungan dengan jurusan yang ada di SMKN 5 Batam dan dikorelasikan dengan kebutuhan industri yang ada di kota Batam. Oleh karena itulah, tentu saja perusahaan-perusahaan yang ingin menggunakan tenaga dari alumni SMKN 5 Batam, tidak meragukan kompetensi alumni SMKN 5 Batam. Kompetensi yang diajarkan oleh guru-guru SMKN 5 Batam adalah kompetensi yang memang dibutuhkan oleh dunia industri yang ada di kota Batam. Pembekalan kompetensi tersebut, juga ditunjang dengan sarana dan prasarana belajar yang sangat memadai. Sehingga, seluruh alumni SMKN 5 Batam telah mengenal hal tentang dunia industri yang ada di kota Batam, baik secara teori maupun secara praktik.

Hingga hari ini, SMKN 5 Batam sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan berwibawa yang ada di kota Batam, misalnya: SMOE, PROVAB, CATERPILAR, PANASONIC, SHNEIDER dan perusahaan terkemuka lainnya. Alumni SMKN 5 Batam juga sudah banyak bekerja di berbagai perusahaan yang ada di Batam. Hal ini, tak lepas dari peran SMKN 5 Batam yang sangat peduli tentang keberlanjutan nasib siswa/siswi SMKN 5 Batam setelah menamatkan studinya di SMKN 5 Batam.

Berdasarkan hal itulah, maka tak heran kalau SMKN 5 Batam hingga hari ini masih menjadi primadona bagi orang tua siswa, peserta didik lulusan SMP Sederajat yang ada di kota Batam. Lulus dari SMKN 5 Batam, mereka bisa berwirausaha dan bekerja untuk membantu perekonomian keluarga.

Gandhi Alister

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.