SMKN 5 Batam Menjadi Sekolah Rujukan Provinsi Kepulauan Riau Program Cash Management Academy BCA

Spread the love

Foto 1: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau,

Dr. Darson, M.Si Mengikuti audiensi secara virtual

SMKN5BATAM.SCH.ID— BCA Cash Management Academy merupakan program untuk membantu dunia pendidikan dalam menyiapkan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan industri lewat program sinkronisasi kurikulum, workshop berkelanjutan bagi guru, pembelajaran berbasis IT serta validasi sertifikasi bertaraf internasional dan program magang. Program tersebut sebelumnya khusus untuk di pulau Jawa. Dewasa ini, manajamen PT BCA memperluas koneksinya ke luar pulau Jawa.

SMKN 5 Batam menjadi sekolah rujukan yang dipercaya sebagai penyelenggara program BCA Cash Management Academy di Provinsi Kepulauan Riau. Program yang ditawarkan adalah magang di perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra PT BCA (Bank Central Asia) pada program Cash Management Academy (CMA). Kepala SMKN 5 Batam, Agus Sahrir, M.Pd menyambut baik tawaran tersebut. Setelah melakukan pertemuan dengan manajemen BCA CMA, pada hari senin tanggal 9 Januari 2022 yang lalu, pertemuan selanjutnya, diadakan pada hari rabu, tanggal 19 Januari 2022 menggunakan aplikasi zoom.

Foto 2: Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau,

Drs. Nor Muhammad, MM di ruang rapat SMKN 5 Batam

 

Pada pertemuan kedua, manajemen SMKN 5 Batam juga mengundang pemangku kebijakan pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau yang menjadi syarat terwujudnya program ini, misalkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Darson, M.Si, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kepulauan Riau Kota Batam, Drs. Nor Muhammad, MM, Kabid SMK Provinsi Kepulauan Riau, Dian Utama, SH, MH, Pengawas SMA/SMK, Sumbardianto, ST, M.Si dan Yuni Sahfitri, S.Pd, MM.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dan bentuk keseriusan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau tentang program yang ditawarkan. Timmy Theoleus selaku Education Program Director BCA Cash Management Academy , memaparkan secara komprehensif kepada peserta tentang program yang akan ditawarkan.

Foto 3: Vegi Laten Haju Embulni Sanyus, S.Pd,

Guru TKJ SMKN 5 Batam Mempersiapkan Peralatan

Ia juga mengucapkan terima kasih atas antusias dan komitmen manajemen SMKN 5 Batam dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau. Selanjutnya, Timmy mengatakan bahwa, siswa yang akan magang, tidak dipungut biaya dan akan mendapat fasilitas berupa gaji sebanyak 70% dari UMK yang berlaku di kota penempatan. Selain itu, siswa yang memiliki penilaian kinerja yang baik selama mengikuti magang, juga berpeluang direkrut menjadi karyawan dari perusahaan-perusahaan pengelolaan uang tunai yang memiliki kerja sama dengan BCA yang ada di seluruh Indonesia.

Foto 4: Persiapan di ruang rapat SMKN 5 Batam

Setelah ditetapkan menjadi sekolah rujukan di Provinsi Kepulauan Riau, SMKN 5 Batam akan mesosialisasikan program magang tersebut ke SMK yang ada di Kota Batam untuk menjadi sekolah aliansi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Dr. Darson, M.Si menyambut baik program ini, dan optimis bahwa SMKN 5 Batam siap menjalankan program yang ditawarkan dan mampu menjadi sekolah rujukan bagi sekolah lain yang ada di kota Batam. Program magang yang ditawarkan, jelas sangat membantu peserta didik untuk bersanding dengan dunia industri dan memudahkan sekolah untuk mencari tempat untuk magang/PKL.

Dan tentunya, program ini jelas bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat, karena memiliki kesinambungan dan arah yang jelas ke depannya dan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi angka pengangguran, bagi masyarakat, pungkasnya.

Foto 5: Pemaparan materi oleh Timmy Theoleus,

Education Program Director BCA

 

Gandhi Alister