Jenis-Jenis Pendidikan Tinggi dan Bentuk-Bentuk Perguruan Tinggi di Indonesia

SMKN5BATAM.SCH.ID— Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia di atur dalam UUD No. 20 tahun 2003 yang menyatakan terdapat 3 jenis pendidikan tinggi, yaitu pendidikan profesi, akademik, dan pendidikan vokasi.

Pendidikan profesi yaitu pendidikan bagi sejumlah orang yang ingin bekerja untuk membutuhkan spesialisasi atau lisensi keahlian khusus. Contohnya; Perawat, Dokter Gigi, Dokter Kandungan, Pengacara, Akuntan Publik, Apoteker, dll.

Pendidikan akademik adalah pendidikan tinggi yang diarahkan untuk penguasaan, penerapan, pengembangan, hingga penemuan pada suatu cabang keilmuan (sains, sosial, teknologi, seni).
Pendidikan akademik terbagi dalam jenjang pendidikan yang harus ditempuh secara berurutan yaitu S1 (sarjana), S2 (magister), S3 (doktoral)

Pendidikan Vokasi adalah perguruan tinggi yang cenderung fokus memberikan ilmu terapan. Tujuan Pendidikan Vokasi adalah untuk menyiapkan peserta didiknya supaya bisa langsung bekerja. Di sini kalian bisa lebih banyak belajar muatan praktek.
Jenjang pendidikan pada Pendidikan Vokasi diantaranya:
• Diploma I dengan gelar Ahli Pratama/AP
• Diploma II dengan gelar Ahli Muda/A.Ma
• Diploma III dengan gelar Ahli Madya/A.Md.
• Diploma IV dengan gelar Sarjana Terapan/S.Tr.

Berikut di bawah ini lampiran video mengenai penjelasan lengkap Jenis-Jenis Pendidikan Tinggi dan Bentuk-Bentuk Perguruan Tinggi di Indonesia.

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.