Profil Humas SMK Negeri 5 Batam

struktur-humas-smkn-5-batam

 

Praktek Kerja Industri merupakan suatu bentuk penyelenggaraan Pendidikan Keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian sesuai dengan Program Keahlian. Pada dasarnya Program Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan. Kegiatan secara terprogram dapat mencapai keahlian dan keterampilan dengan cara kerja langsung pada dunia usaha yang sesungguhnya, untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan memiliki sikap kerja yang profesional.

 

  1. LATAR BELAKANG

Latar belakang diadakannya program PRAKERIN adalah sebagai berikut :

  1. Garis-garis Besar Haluan Negara tahun 1993 telah memberikan arahan yang jelas bagi pembangunan Indonesia mengahadapi perkembangan masa mendatang. Sesuai dengan ketentuan pada GBHN tahun 1993 titik berat pembangunan jangka panjang tahap II dan pelita IV ialah pembangunan ekonomi dan seiring dengan itu pembangunan sumber daya manusia. Pendidikan sebagai perantara utama pembangunan SDM, harus jelas berperan membentuk peserta didik menjadi aset bangsa dan diharapkan mampu menciptakan produk unggul industri Indonesia dalam menghadapi persaingan pada dasar global.
  2. Keahlian profesional pada dasarnya mengandung unsur ilmu pengetahuan, teknik dan kiat unsur ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari tetapi unsur kiat adalah sesuatu yang tidak bisa diajarkan tetapi harus dikuasai.
  3. Program PRAKERIN akan menjadi salah satu model pendidikan yang paling efektif mendekati kesesuaian antara Suply And Demand ketenagakerjaan sesuai dengan kebijaksanaan depdikbud tentang Link And Match.

 

  1. MAKSUD DAN TUJUAN

Praktek Kerja Industri tersebut dimaksudkan agar siswa dapat mengerti, memahami, dan mampu mengikuti proses yang diterapkan dalam suatu perusahaan. Diharapkan siswa dapat mencoba dan menerapkan apa yang telah didapatkan secara teori sehingga dapat lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang akan dihadapi.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Kerja Praktek ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memperoleh gambaran nyata tentang penerapan atau implementasi dari ilmu atau teori yang selama ini diperoleh di sekolah dan membandingkannya dengan kondisi nyata yang ada di lapangan dan sekaligus menguji ilmu yang diperoleh tersebut.
  2. Untuk melakukan analisis mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan serta sistem yang berjalan di lapangan.
  3. Untuk melatih siswa berpikir secara praktis dan sistematis dalam menghadapi suatu persoalan dalam bidang komputer di lapangan yang sebenarnya.
  4. Menguji kemampuan pribadi dalam tata cara komunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam struktur keorganisasian perusahaan atau instansi terkait.
  5. Menguji kemampuan dan pengetahuan pribadi dalam tata cara hubungan masyarakat di lingkungan kerja dan organisasi.
  6. Menambah pelajaran dan pengalaman kerja yang belum diajarkan di sekolah

 

  1. BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan siswa dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah :

  1. Pengenalan dasar terhadap Perusahaan, baik pengenalan bentuk perusahaan, susunan organisasi, dan objek lainnya dalam perusahaan.
  2. Siswa terlibat langsung dalam kegiatan perusahaan.
  3. Siswa terlibat langsung dalam membantu pekerjaan perusahaan dalam bidang–bidang khusus.
  4. Siswa diwajibkan untuk membuat Laporan Praktek Kerja Industri.

 

  1. PENEMPATAN

Perusahaan hendaknya menyediakan tempat bagi siswa yang berpedoman pada jenis Praktek Kerja Industri yang akan dilakukan oleh Siswa, Demikian pula dengan Siswa hendaknya menyesuaikan antara kemampuan dan keinginan dari perusahaan.

 

  1. WAKTU DAN PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Industri telah ditetapkan pelaksanaanya oleh sekolah, yakni selama 3 bulan, namun waktu pelaksanaan tersebut dapat diubah sesuai dengan permintaan perusahaan dimana siswa tersebut Praktek, namun dengan asumsi pelaksanaan Praktek Kerja Industri minimal dilakukan siswa selama 3 bulan. Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan sehari-hari menyesuaikan kebijakan perusahaan.

 

  1. MANFAAT

A.      BAGI PERUSAHAAN

  1. Perusahaan mendapat tenaga tambahan.
  2. Perusahaan Industri atau Jasa dapat memanfaatkan pengetahuan serta ketrampilan siswa.
  3. Perusahaan dapat meningkatkan Effisiensi dan Produktivitas.

            B.      BAGI SISWA

  1. Dapat mengerti lingkungan kerja secara nyata.
  2. Mendapatkan kesempatan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
  3. Mendapatkan ilmu yang baru berdasarkan aktivitas perusahaan.
  4. Memperoleh pengalaman tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga siswa nantinya akan memiliki profesionalitas yang tinggi dalam bekerja.

 

  1. KEWAJIBAN

Agar pelaksanaan praktek tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal, maka masing–masing pihak mempunyai kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu :

            A.      SISWA

  1. Mematuhi peraturan dan prosedur yang ditetapkan Perusahaan, serta peraturan sekolah yang bersangkutan.
  2. Mempersiapkan diri dengan materi kerja.
  3. Menjaga nama baik sekolah.
  4. Menjaga nama baik perusahaan tempat PRAKERIN.
  5. Menyusun laporan praktek kerja.

            B.      SEKOLAH

  1. Memberikan penjelasan umum mengenai cara pelaksanakan Praktek Kerja.
  2. Membekali siswa dengan pengetahuan penulisan laporan kerja.

            C.      PERUSAHAAN

  1. Menunjuk seorang Staff/ Pegawai yang akan ditugasi sebagai pembimbing.
  2. Menunjukkan tempat/ Unit divisi dalam perusahaan yang akan dijadikan tempat pelaksanaan praktek kerja.
  3. Menunjuk jenis pekerjaan yang harus dilakukan siswa.