Denpasar – Kegiatan Program Rebranding Citra SMK yang diadakan diHotel Novotel Kota Denpasar Propinsi Bali pada tanggal 13 – 15 Maret 2019, Kegiatan ini diikuti oleh 85 SMK yang terpilih diselenggarakan oleh Direktorat Pembina SMK. “Pelatihan Program Re-Branding Citra SMK ini bertujuan untuk lebih mengimplemtasikan Impress No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dan diharapkan Guru selalu bisa mengUpdate dan Upgrade kompetensinya dengan memanfaatkan Teknologi saat ini sehingga guru bisa produktif dan kreatif” ujar DR. IR. M. BAKRUN, MM selaku Direktur Ditpsmk
Kenapa Sekolah SMK perlu di – Branding:
- Citra negatif SMK masih dominan mewarnai laman semua paltform media sosial, untuk meningkatkan mutu perlu perlu diberi ruang yg luas
- Ciptakan resources atau produk yg merupakan ciri SMK di sekolah anda
- Pertahankan ciri ini dengan tetap improvement terus menerus sehingga level sekolah sampai pd titik level-up
- Kembangkan strategi, ide dan platform sekolah secara konsisten dan kontinu
- Rebranding sekolah merupakan kerja bersama, timwork, seluruh komponen sekolah dan berkesinambungan sesuai visi misi sekolah
- Networking yg kuat termasuk content2 digital harus menjadi pehatian yg kuat krn era milenium brand dibentuk juga dr image digital…
Maka dari itu tugas bersama selaku keluarga besar SMK harus mengedepankan jika SMK banyak sisi Positif yang bisa diterima oleh Siswa, Orang tua, Pelaku Bisnis, Industri dan lainnya.
Siswa SMK diharapkan dapat memposting hasil karyanya dilaman Media Sosialnya seperti saat Praktek, hasil prakteknya dan hal-hal positif lainnya yang bisa dibanggkan dan meningkatkan citra SMK diMedia.
Akun Sekolah Resmi harus diViralkan lebih dari akun siswa atau akun lainnya yang berada disekolah, karena Akun Resmi sekolah seperti bangunan utama yang menjadi acuan bagi masyarakat atau industri.
Program Re-Branding Citra SMK merupakan strategi untuk lebih mengenalkan SMK secara Umum, dan Sekolah Menengah Kejuruan masing-masing secara khusus. Apa-apa saja yang menjadi kelebihan SMK dibanding SMA, Jurusan atau Kompetensi Keahlian apa saja yang ada diSMK itu dan dibutuhkan semua pihak bukan hanya Humas, libatkan Kepala Sekolah, Guru, penjaga sekolah, petugas taman, petugas kebersihan dan lainnya untuk memperkenalkan bagaimana SMK.
Pemateri re-Branding ini di sampaikan oleh para praktisi Branding yaitu Pengarahan Teknis Re-Branding Sekolah dan Mendesain ulang branding Sekolah oleh Fauzy Harmoko dari Brandoctors Indonesia, Pengelolaan Media Sosial Sekolah oleh Rijalulgad dari Brandoctors Indonesia, Strategi Konten Media Sosial oleh Besar Irawan Brandoctors Indonesia, Smartphone photography oleh TBC Brandoctors Indonesia sekaligus founder Republik Fotografer Indonesia, Video Blogger oleh Gina Rahmalia, Desain Konten dan Infografis oleh Sulistyo Adri Brandoctors Indonesia.
Elemen Branding SMK meliputi:
- Personal Branding
- Branding Siswa
- Branding Guru
- Branding Bidang Kompetensi Keahlian
- Branding Sekolah SMK
Re-Branding Sekolah dapat bermanfaat untuk:
- Meningkatkan kualitas SMK
- Meningkatkan kesadaran menyarakat untuk memilih SMK
- Meningkatkan identitas SMK
- Mengingkatkan percepatan pertumbuhan dan penerimaan oelh masyarakat dan industri tentang SMK
- Meningkatkan loyalitas warga SMK dan dan manyarakat atau industri tentang SMK
- Meingkatkan kepercayaan masyarakat dan industri terhadap SMK
AKU bangga BISA Menjadi bagian Penting Bagi kemajuan SMK, Bersama sahabat-sahabat HEBAT SMK Dari seluruh Indonesia yang Membanggakan.. AKU SMK! SMK BISA ! SMK HEBAT
#akusmk
#smkbisa
#smkhebat
#smkbisahebat
#smkbisasmkhebat
#akusmkn5batam
@akusmk
@ditpsmk