Diagnostic kesulitan belajar merupakan suatu proses upaya untuk mengidentifikasi dan memahami kerakteristik belajar peserta didik serta menemukan faktor-faktor penyebab yang melatarbelakangi timbulnya kesulitan-kesulitan belajar peserta didik dengan menghimpun dan mempergunakan berbagai data/informasi yang lengkap dan objektif  sehingga memungkinkan untuk mengambil kesimpulan dan keputusan serta mencari alternatif pengentasan masalah yang berhubungan dengan proses belajar peserta didik.
Remedial teaching yang dilakukan oleh guru BK merupakan bagian dari layanan bimbingan belajar dan sebagai kegiatan lanjutan dari diagnostic kesulitan belajar agar siswa mampu mencapai standar nilai yang telah ditentukan.
Proses remedial teaching dilakukan dengan berbagai teknik dan metode bimbingan serta  menjalin kolaborasi dengan orang tua, wali kelas, teman sebaya peserta didik dan berbagai pihak yang diperlukan dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan remedial teaching.
Diagnostic yang dilakukan terhadap siswa kelas X jurusan Grafika dan Pengelasan Umum di SMK Negeri 5 Batam dari jumlah peserta yang mengikuti layanan remedial teaching sebanyak 42 peserta didik diidentifikasi yang melatarbelakangi timbulnya permasalahan belajar sebagai berikut:
- Kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik.
- Peserta didik memiliki pandangan dan sikap negatif terhadap mata pelajaran, tidak menyukai mata pelajarannya dan menganggap sukar.
- Peserta didik tidak bisa memanajemen waktu.
- Peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game dan nongkrong hingga larut malam sehingga tidak sempat untuk belajar dan menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran.
- Kurangnya perhatian dan dukungan dari orang tua
Berdasarkan hasil diagnostic maka guru BK memberikan beberapa treatment sesuai kebutuhan peserta didik diantanya:
- Pemberian layanan bimbingan secara individual
- Pemberian layanan bimbingan kelompok
- Pemberian tugas-tugas secara terurai dan sistematis
- Pemanfaatan tutor teman sebaya.
- Dilaksanakan pemanggilan orang tua untuk menjaliin koordinasi dan kolaborasi.
- Dilaksanakan home visit
Dengan dilaksanakannya diagnostic dan layanan remedial teaching diharapkan peserta didik dapat mengetahui kelemahan-kelemahan yang dimilikinya dan dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran sehingga dapat memenuhi kriteria keberhasilan minimum sesuai yang ditentukan.
-Siti-