Kajian Putri, “Menggapai Malam Seribu Bulan (Laitul Qadar)”

Spread the love

Batam, 24 Mei 2019— Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadr adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan, yang dalam Al Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam turunnya Al Qur’an. Seluruh orang muslim melakukan ibadah kepada Allah agar mendapatkan malam seribu bulan yang terdapat di malam-malam ganjil di bulan Ramadan.

Malam Lailatul Qadar sangat dinanti karena memiliki kedahsyatan luar biasa. Barangsiapa mendapatkan malam Lailatul Qadar maka Allah akan mengabulkan setiap doa dipanjatkan kaum muslimin. Tak hanya itu Allah juga akan menghapus dosa bagi orang yang mendapatkan malam tersebut.

Akan tetapi, sebelum berburu malam Lailatul Qadar terlebih dulu orang-orang muslim mengetahui tanda-tanda datangnya malam istimewa itu. Tanda-tanda yang mengikutinya malam Lailatul Qadar yaitu, matahari yang terbit pada pagi hari tidak membuat silau. Sinarnya bersih tidak seperti hari-hari biasa. “Matahari terbit pada hari itu tidak membuat silau”. (HR Muslim).

Cara-cara atau kiat-kiat untuk menggapai malam laitul qadar antara lain sebagai berikut :

  1. Memfokuskan diri untuk beribadah kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadits telah disebutkan bahwa malam laitul qadar jatuh pada 10 malam terkahir di bulam Ramadan, untuk itu jangan sampai meninggalkan ibadah seperti: sholat berjamaah, mengerjakan hal yang sunnah, dan membaca Al Qur’an.

  1. Memperbanyak amal dan shodaqoh.

Bulan Ramadan merupakan bulan dimana seluruh amal kita akan dilipatkan gandakan, betapa mulianya apabila kita mendapatkan laitul qadar dalam keadaan beramal saleh dan shodaqah. Allah lah yang akan membalas seluruh amal kita di bulan ini.

  1. Beri’tikaf di Masjid.

Dianjurkan bagi kaum laki-laki untuk i’tikaf dimasjid. Diawali dengan mandi wajib setelah isya’ dan memakai wewangian kemudian ke masjid untuk mengerjakan shalat sunah dan membaca Al Qur’an.

  1. Memperbanyak Dzikir.

Dengan mengingat Allah dan mengagungkan nama-Nya, insya Allah kita akan mendapat laitul qadar. Adapun ciri-ciri malam laitul qadar lainnya:  Para malaikat trurn memberikan rahmat, suasana damai dan sejuk, tidak ada hujan.

Semoga di bulan yang penuh keberkahan ini, kita semua dapat menjalankan ibadah secara optimal hingga nantinya kita mendapat malam laitul qadar.