MENGENAL LEBIH DEKAT JURUSAN TITL SMK N 5 BATAM

Spread the love

SMK N 5 Batam sejak dari berdiri pada tahun 2009 hingga sekarang dalam kepemimpinan Bapak Agus Sahrir, M.Pd telah memiliki 10 Kompetensi Keahlian dan jumlah siswa yang mencapai 2000 orang. Salah satu diantara jurusan tersebut adalah jurusan Ketenagalistrikan dengan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).

TITL telah menamatkan siswa sebanyak 2 angkatan yakni angkatan tahun 2017 sebanyak 34 siswa dan tahun 2018 sebanyak 74 siswa. Tahun ajaran 2019/2020 TITL memiliki 8 rombel yakni Kelas XII sebanyak 2 rombel, Kelas XI sebanyak 3 rombel dan kelas X sebanyak 3 Rombel. Sejak tahun 2016 TITL dipimpin oleh Ketua Kompetensi Keahlian Bapak Fery Supandi,MT, Sekretaris Bapak Rusmanto, ST dan Ibu Misbah, S.Pd sebagai Bendahara.

Jurusan TITL sejak awal hingga sekarang telah banyak mengalami perubahan atau peningkatan mulai dari jumlah siswa, kegiatan siswa hingga pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran (media Pembelajaran).

Kegiatan Siswa di Jurusan TITL meliputi kegiatan- kegiatan baik itu kegiatan ekstra hingga paa kegiatan jurusan.

  1. Kegiatan Pramuka Champing Jurusan

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diwajibkan oleh jurusan TITL kemudian sekolah pun mewajibkan kegiatan tersebut terkhusus untuk kelas X.

Selain pelaksanaan pramuka, Jurusan TITL juga mengadakan champing jurusan yang dilaksanakan setiap akhir november atau awal desember.

2. Pengembangan Sarana Pembelajaran

TITL memiliki guru yang Kompeten dengan jurusannya, hal ini dibuktikan dengan banyaknya media Pembelajaran Interaktif yng telah dibuat oleh tangan-tangan mereka.

  • Media Pembelajaran Sistem Kontrol PLC

Media ini dipergunakan untuk penunjang pembelajaran Instalasi Motor Listrik di Kelas XI dan XII. Pada Saat ini Trainer PLC di workshop TITL telah dibuat sebanyak 2 Unit.

  

Sekarang sedang dalam proses pembuatan trainer PLC yang ke 3

Sebelumnya TITL masih menggunakan peralatan trainer PLC yang cukup sederhana.

Untuk sekarang peralatan trainer ini tidak dipergunakan lagi.

Selain pembuatan trainer PLC, Siswa TITL juga diberi pelajaran tambahan mengenai dasar penggulungan kumparan motor. Namun untuk latihan siswa diupayakan mampu menggulung dengan menggunakan benang pada media stator motor yang akan dipergunakan, setelah latihan dengan benang maka tahapan berikutnya siswa diminta untuk menggulung ulang motor yang sebenarnya.

  • Pengembangan Trainer Penerangan Jalan Umum dan Taman

Trainer ini dipergunakan untuk siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik (IPL). Dengan trainer ini siswa dapat menerapkan penggunaan sensor cahaya dalam penerangan jalan umum dan taman

 

Trainer kontrol lampu jalan dan stand lamp dipergunakan siswa untuk praktik penerangan dan diperagakan diluar workshop.

Sebelum dibuatnya trainer diatas, siswa masih menggunakan trainer papan komvensional sehingga dasar-dasar instalasi masih sangat sulit dipahamai oleh beberapa siswa.

3. Pengembangan Metode Pembelajaran Model TEFA

Dengan pengembangan trainer yang semakin banyak, siswa TITL dapat mendukung program sekolah untuk menerapkan sistem pembelajaran TEFA. Dari gambar diatas beberapa kegiatan anak telah banyak dicover dengan penyediaan trainer yang ada, namun TITL akan tetap mengembangkan trainer lagi guna lebih memaksimalkan hasil yang dicapai untuk diserap oleh siswa TITL nanti.

Berikut ini gambar terainer yang sudah disiapkan oleh guru TITL dan kegiatan siswa dalam penggunaannya.