SMKN 5 Batam Juara 1 Dalam Kejuaraan Badminton Pelajar Kota Batam

Spread the love

 

SMKN 5 BATAM – Kejuaraan Badminton tingkat pelajar SMA/SMK/MA Kota Batam mengeruk banyak perhatian para suporter masing-masing team. Penyelenggara kejuaraan ini adalah SMAN 17 Batam di GOR Bulu Tangkis Batu Aji. Partai final diadakan pada hari Selasa, 24 September 2019 antara SMAN 5 Batam berhadapan SMKN 5 Batam pada pukul 16.30 Wib. Pertandingan dimenangkan oleh SMKN 5 Batam dengan score 2:1.

Pada babak pertama, permainan team SMKN 5 Batam sangat mengkhwatirkan pelatih dan suporter. Hampir setiap reli permainan didominasi oleh team lawan. Tampaknya team SMKN 5 Batam kewalahan dengan serangan dari lawan. Orientasi permainan pemain SMKN 5 Batam hanya menyelamatkan bola. Mereka bermain tertekan dan tidak bisa melakukan serangan balasan. Disamping itu, pemainnya tampak lesuh karena memang fisik salah satu pemain atas nama Wahyudi dalam keadaan kurang fit berdasarkan pengakuannya kepada Guru pendampingnya sebelum tanding. Babak 1 dimenangkan oleh team SMAN 5 Batam dengan score 21: 15. Setelah babak 1 usai, Guru pendampingnya Pak Albert Pohan memberikan wejangan dan meyakinkan pemainnya bahwa mereka perlu komunikasi di lapangan dan bermain seperti saat latihan. Dan menganjurkan agar percaya diri dan mengawali pertandingan dengan basmalah.

Pada babak 2, permainan team SMKN 5 Batam mulai membaik. Mereka mengubah taktik permainan agar tidak mengikuti pola permainan lawan dengan bola-bola cepat. Pak Albert menganjurkan agar bermain bola panjang (high open ball) karena postur tubuh pemain SMKN 5 Batam lebih tinggi dari pada lawan. Taktik bermain ini membuat team lawan kewalahan dan sering memberikan bola-bola tanggung yang akhirnya disambar oleh Wahyu dengan pukul yang sangat keras. Kejadian seperti itu sering terjadi dan hal ini merupakan faktor kehilangan konsentrasi team SMAN 5 Batam.

Pada babak 2, score permainan sangat ketat saling kejar dan saling mendahului. Babak ini banyak menguras perhatian ratusan mata penonton. Permainan semakin hangat ketika score berada pada 20:20. Pemain kelihatan semakin hati-hati dalam bermain dan penonton semakin tegang menyaksikan bola melitas di atas net. Babak kedua ini akhirnya berhasil dimenangkan oleh team SMKN 5 dengan score 26:24. Permainan ini sungguh membuat seluruh penonton dalam ketegangan dan merasa lepas saat babak kedua ini berakhir.

Babak ketiga merupakan penentuan untuk pemenang. Di babak ketiga ini, SMKN 5 sempat ketinggalan jauh dengan score 11:6. Rasa khawatir guru pendamping dan penonton semakin memuncak, akhirnya guru pendamping Albert Pohan memberikan kembali wejangan kepada pemainnya agar tetap tenang bermain dan jangan lupa membaca basmalah dalam memaulai pertandingan. Sedikit demi sedikit poin tersebut dapat dikejar oleh team SMKN 5 Batam dengan susah payah sampai beberapa kali jatuh dan terjatuh mengejar bola short dari lawan. Raket salah satu pemain SMKN 5 sampai mengalami kerusakan parah (broke) karena mempertahankan reli panjang. Tidak disangka, rasa percaya diri pemain SMKN 5 semakin baik, mereka dapat melakukan serangan balik dengan baik dan juga mampu mengendalikan bola dengan tepat sehingga membuat lawan sulit mengembalikan bola itu dengan baik. Poin lawan semakin tertinggal, dan semangat SMKN 5 semakin memuncak. Mereka tidak memberikan kesempatan untuk lawan bangkit, permainan didominasi SMKN 5 dengan total. Akhirnya dipukul 17. 36 Wib team SMKN 5 Batam memenangkan pertandingan dengan poin 21: 17.

Mereka tampak bahagia sumringah begitu juga dengan seluruh pendukung yang turut hadir menyaksikan babak final tersebut di GOR Bulu Tangkis Batu Aji. Sebelum meninggalkan lapangan, mereka menyalami wasit dan pemain SMAN 5 sebagai salah satu wujud dari sportifitas yang baik. Harapannya team ini harus terus berlatih untuk menyongsong pertandingan-pertandingan berikutnya di kemudian hari.

Ditulis oleh Albert Efendi Pohan
Berita olah raga SMKN 5 Batam.