CV sebagai presentasi diri pelamar kerja

Spread the love

SMKN 5 Batam – proses seleksi karyawan dalam dimanapun, sebagian besar penerima kerja mengharuskan adanya CV (Curriculum Vitae) atau resume tentang diri pelamar kerja. CV dibutuhkan agar penerima kerja mengetahui informasi yang dibutuhkan tentang pelamar kerja. Untuk itu CV dianggap sebagai perwakilan diri pelamar kerja saat melamar pekerjaan disebuah instansi tertentu.

Bagi alumni SMK yang memang dididik untuk dapat siap bekerja, harus memiliki CV yang dapat menarik penerima kerja. CV biasanya berisi tentang data diri yang dianggap penting bagi perusahaan atau institusi pencari kerja seperti nama lengkap, alamat, nomor telpon yang dapat dihubungi, alamat email. Sebagain CV juga memuat deskripsi singkat mengenai kepribadian yang positif dari pelamar kerja, seperti dapat bekerja sama dalam tim, memiliki jiwa kepeminpinan, mampu bekerja dibawah tekanan dan lain sebagainya. Kemudian dalam CV pelamar kerja sebaiknya mencantumkan riwayat Pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti. Bagi sebagian perusahaan Pendidikan tetap menjadi faktor utama untuk melakukan seleksi calon karyawan. Kemudian riwayat pelatihan juga sangat penting bagi pekerjaan yang menuntut skill khusus. Cantumkan pengalaman organisasi yang pernah diikuti, karena banyak perusahaan menyukai orang yang aktif terlibat dalam kehidupan sosial, karena biasanya orang yang aktif dalam berorganisasi akan memiliki daya juang yang tinggi serta skill komunikasi yang baik serta soft skill lainnya yang dapat menunjang pekerjaan. Hal yang mutlak dalam CV adalah daftar keahlian yang dimiliki, hal ini diperlukan agar penerima kerja mengetahui apakah pelamar kerja memenuhi kriteria dari posisi yang dilamar serta memiliki keahlian lain yang dapat mendukung pekerjaan. Dalam CV ada baiknya menulis penghargaan atau prestasi yang pernah diraih, contohya pernah menjuarai Lomba Keterampilan Siswa (LKS) tingkat nasional. Pelamar kerja yang memiliki pengalaman bekerja di tempat lain juga sebaiknya mencantumkan pengalaman kerja tersebut didalam CV. Pengalaman bekerja menjadi nilai tambah bagi pelamar kerja terutama apabila pengalaman bekerja menjadi sebuah syarat untuk melamar kerja.

Berdasarkan hal penting yang ada didalam CV yang dijabarkan tersebut, diharapkan dapat menjadi referensi bagi pencari kerja terkhusus bagi alumni SMKN 5 Batam yang sedang melamar kerja. Pada artikel selanjutnya akan diberikan contoh CV yang dapat menjadi referensi untuk melamar kerja.

 

-vs