Akhlak wanita muslimah & Muslimah yang Dirindukan Oleh Surga

Spread the love

Guna memberikan siraman rohani bagi siswa putri disaat pelaksanaan Sholat Jumat, SMK Negeri 5 Batam menjalankan rutinitas Kajian Putri yang dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 12.00 – 13.00 WIB, Jumat (25/10).
Materi kajian putri disampaikan oleh Ustadzah Umi Fadilah, S.Pd.I. Kajian putri kali ini membahas tentang Akhlak wanita muslimah dan muslimah yang dirindukan oleh surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ،
“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (Hadits riwayat Muslim dari Abdullah ibnu Umar)
Dalam hal ini bukan diartikan bahwa wanita harus menggunakan ¬make-up maupun menggunakan perhiasan yang mewah. Perhiasan yang dimaksud adalah yang akan menjembatani wanita tersebut untuk masuk surga dengan akhlaknya yang mulia.

Beberapa akhlak wanita muslimah dan muslimah yang dirindukan oleh surga sebagai berikut:Beberapa akhlak wanita muslimah dan muslimah yang dirindukan oleh surga sebagai berikut:

1. Seorang muslimah yang menjaga sholat lima waktu yang tidak terputus

2. Seorang muslimah yang menjalankan puasa RamadhanPuasa ramadhan wajib hukumnya bagi pria maupun wanita. Walaupun terkadang bagi wanita ada yang tidak sempurna puasa Ramadhannya, namun Allah swt. masih memberi kesempatan untuk membayar hutang puasa tersebut.

3. Seorang muslimah yang menghindari zina

Sebagaimana yang terdapat dalam Surat Al Isra’ ayat 32:
وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلً
“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”
Dosa zina hukumannya sangat berat. Seorang wanita muslimah yang sangat berusaha untuk menghindari zina bahkan perilaku-perilaku yang mendekati zina termasuk dalam wanita yang dirindukan oleh surga.

4. Seorang muslimah yang taat pada suaminya4. Seorang muslimah yang taat pada suaminyaWanita yang baik dan dirindukan oleh surga adalah wanita yang taat pada suaminya. Ketaatan pada suami dibatasi dalam perkara yang baik dan tidak bertentangan dengan syariat islam.

5. Seorang wanita yang penyabar

6. Mendidik anak perempuan dengan baikPahala bagi seorang ibu jika mendidik anak-anaknya menjadi anak yang soleh dan solehah. Maka kelak akan diangkat oleh Allah swt. ke surga

7. Sabar dalam menerima penyakitPenyakit adalah yang akan menyucikan kita dari dosa asal kita sabar dalam menghadapinya. Orang yang diberi ujianr oleh Allah swt. berupa sebuah penyakit, namun ia ridho dengan sakitnya dan yakin bahwa sakit tersebut adalah Allah swt. yang menghendaki sehingga ia menerima dengan sabar dan ikhlas, maka ia termasuk orang yang dirindukan oleh surga. Salah satu contoh yang dapat diteladani dari kesabarannya dalam menerima penyakit adalah Nabi Ayyub as.

8. Selalu mencari ridho suami8. Selalu mencari ridho suami

9. Tidak menyakiti orang lain

10. Menyayangi binatangBinatang adalah makhluk ciptaan Allah swt. Wanita muslimah yang menyayangi binatang dan tidak menganiayainya termasuk dalam yang dirindukan oleh surga.

11. Amar ma’ruf nahi munkar

12. Melahirkan keturunanWanita muslimah yang melahirkan dan mampu mendidik anak-anaknya hingga menjadi anak-anak soleh dan solehah akan dirindukan oleh surga.

13. Muslimah yang berbakti kepada kedua orangtua

Diakhir penyampaian materi, Ustadzah Umi berpesan untuk senantiasa menjaga setiap perilaku, perkataan, perbuatan terhadap saudara-saudara yang bukan mahramnya. “Jangan sampai hal tersebut menjadi penyebab adanya zina”, tegasnya.