Tips sukses Interview kerja untuk alumni SMK

Spread the love

SMKN 5 Batam – Menghadapi Interview merupakan salah satu syarat umum yang digunakan bagi pemberi kerja dalam melihat kepribadian dari calon karyawan mereka. Interview menjadi salah satu tahap akhir dalam proses perekrutan yang biasanya dilakukan.

Bagi pemberi kerja, sangat penting dalam melihat kepribadian calon karyawan mereka. Hal ini diperlukan untuk melihat etos kerja, karakter hingga tujuan dari pencari kerja melamar pekerjaan di tempat pemberi kerja. Dalam sesi interview tidak jarang pemberi kerja menemukan para pencari kerja melamar pekerjaan hanya untuk mencoba peruntungan, artinya tidak serius dalam upaya mendapatkan pekerjaan.

Bagi pencari kerja pemula, Interview bisa jadi momok dan suatu hal yang ditakuti karena baru pertama kali menghadapi sesi interview. Namun, interview sebenarnya merupakan proses yang menyenangkan dan tidak perlu ditakuti. Karena pada dasarnya interview adalah usaha untuk mencari tau kepribadian pencari kerja.

Berikut tips yang bisa diperhatikan bagi pelamar pemula khususnya SMK dalam menghadapi sesi interview:

  1. Cari tahu tentang perusahaan

Penting bagi perusahaan untuk merekrut calon karyawan yang memiliki kepedulian terhadap perusahaan mereka. Untuk itu ada baiknya sebelum memulai sesi interview, alumni SMK atau pencari kerja mencari informasi terkait perusahaan yang dilamar.

  1. Jaga Penampilan

Penampilan menjadi penting, karena bisa jadi interviewer/orang yang melakukan interview merupakan seorang yang sangat peduli dengan penampilan. Sehingga anda bisa bayangkan apa yang akan terjadi jika anda datang dengan kondisi baju kusut dan bau badan tidak sedap. Datangah dengan pakaian yang rapi dan usahakan menggunakan parfum, dan khusus untuk laki-laki usahakan rambut tersisir rapi.

  1. Intonasi jelas dan lugas

Saat interview merupakan saat berkomunikasi, sehingga para pencari kerja harusnya menjawab setiap pertanyaan dengan jelas dan lugas. Tidak harus kencang, namun intonasi harus terdengar jelas, sehingga interviewer tidak perlu bertanya atau bahkan mengabaikan apa yang pencari kerja sampaikan.

  1. Lakukan kontak mata

Seperti pada poin sebelumnya, kontak mata juga merupakan bagian dari komunikasi. Pencari kerja tidak disarankan menoleh kearah lain dan usahakan lakukan kontak mata dengan interviewer.

  1. Jelaskan tentang diri

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam sesi interview adalah jelaskan tentang diri anda. Jadi para pencari kerja seharusnya sudah bisa mempersiapkan jawaban ini jauh sebelum interview berlangsung. Berikan penjelasan yang singkat dan padat. Contohnya sampaikanlah tentang prestasi atau skill yang anda miliki yang dapat mendukung pekerjaan yang anda lamar. Sehingga meningkatkan kemungkinan anda akan diterima.

  1. Apa alasan melamar pekerjaan

Penting bagi pemberi kerja mengetahui tujuan anda melamar pekerjaan, apakah hanya untuk mengisi waktu luang, iseng atau benar-benar ingin bekerja. Ini penting karena orang yang serius mencari pekerjaan akan serius juga menjalani kewajibannya di tempat kerja.

 

Menghadapi interview pera pencari kerja tidak perlu takut atau grogi. Persiapkan diri dengan matang dan yakinlah bahwa andalah yang dicari oleh pemberi kerja sehingga meningkatkan percaya diri saat interview. Itulah 6 tips dalam mempersiapkan diri menuju interview bagi alumni SMK. Akan ada tips lainnya yang akan disampaikan pada kesempatan berikutnya.

 

-vs