Grand Final Pemilihan Duta Literasi Melalui Debat Terbuka

Spread the love

SMKN 5 BATAM – Penyelenggaraan pemilihan Duta Literasi Sekolah masih berlanjut hingga dipenghujung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Grand Final pemilihan Duta Literasi Sekolah ini dilakukan dengan Debat Terbuka di Lapangan Utama SMK Negeri 5 Batam. Acara ini berlangsung dengan sangat meriah dimana siswa memberikan dukungan masing-masing kepada finalis dari Jurusan masing-masing.

Peserta grand final ini terdiri dari 3 siswa yang sudah lolos melalui berbagai tahapan yang sangat kompetitif. Mereka bersaing di kelas masing-masing untuk menjadi perwakilan kelasnya. Dan kemudian mereka bersaing di Jurusan masing-masing sampai pada akhirnya mereka menjadi 15 finalis tingkat sekolah. Pada babak sebelumnya, mereka bersaing dibidang lomba menulis essay dan opini dan dilanjutkan dengan lomba presentasi dan tanyak jawab. Berdasarkan keputusan dewan Juri yang merupakan praktisi akademis dari Universitas Riau Kepulauan Batam Muhammad Nouval kelas XI Tek. Pemesinan, Muhammad Hasan Firdaus kelas X Multimedia 1 dan Putri kelas X Listrik Kapal 1 menjadi peserta Finalis Grand Final pada lomba debat terbuka ini.

Dalam debat terbuka ini, peserta disuguhkan tema “Pemerintah Mencanangkan Program 3 Hari Sekolah Dalam Seminggu”. Peserta debat terdiri dari 3 posisi yang berbeda yaitu Putri berperan sebagai pro yang berpihak kepada pemerintah (koalisi pemerintah), Muhammad Hasan sebagai kontra yang tidak berpihak kepada pemerintah (oposisi pemerintah), dan M. Nouval bertindak sebagai posisi netral (independent) yang tidak berpihak kepada keduanya. Tema ini sengaja diangkat untuk membuka wawasan siswa tentang isu-isu nasional terbaru tentang konsep dan wacana pendidikan. Disamping itu, tema ini pihak sekolah dapat mendengarkan pendapat siswa melalui argumen yang mereka ungkapkan tentang kebijakan-kebijakan pemangku pendidikan di Negara ini.

Dalam proses berlangsungnya debat, peserta debat mampu mengungkapkan argumen masing-masing dengan logis yang didukung data-data faktual dan empirik. Peserta juga mampu menguraikan argumen masing-masing secara logis dan berdasarkan opini masing-masing serta merujuk pada pendapat ahli. Pada sesi argumen terbuka, peserta debat saling diberikan kesempatan memotong pembicaraan lawan debat dengan bijaksana untuk memberikan sanggahan dan konfirmasi terhadap pendapat lawan debat. Kondisi debat berjalan dengan baik meskipun di akhir-akhir lomba terjadi perdebatan panas antara pihak pro dan kontra yang langsung ditengarahi oleh moderator. Hal ini juga dipicu bahwa pihak independen tampak berpihak kepada salah satu peserta debat sehingga hal ini mendapatkan banyak kecaman dari penonton debat. Namun kondisi tetap bisa dikontrol dengan baik dan sportif.

Pada sesi akhir, moderator debat terbuka oleh Bapak Albert Efendi Pohan, M. Pd memberikan kesempatan kepada setiap peserta debat untuk memberikan kesimpulan dan saran berdasarkan tema yang diangkat. Dan kemudian dilanjutkan dengan tanggapan dari Dewan Juri 1 dan Dewan Juri 2. Secara umum kedua Dewan Juri mengungkapkan apresiasinya terhadap peserta debat karena sudah mampu mengikuti debat terbuka dengan baik dan sportif. Hasil perlombaan debat terbuka akan diumumkan setelah Dewan Juri selesai melakukan perhitungan hasil debat. Sampai saat ini, penyelenggra debat ini belum bisa memberikan keterangan pasti tentang hari pengumuman juara lomba debat terbuka ini.

Lomba debat terbuka ini merupakan akhir dari program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMK Negeri 5 Batam Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019-2020 pada tahap pengembangan. Harapannya kedepan program ini dapat diselenggarakan lebih baik dengan persiapan yang lebih terukur sehingga program ini dapat memberikan dampak kepada siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan mengakses informasi melalui membaca, menulis, dan presentasi. Dan secara khusus, harapannya program ini dapat membentuk lingkungan SMK Negeri 5 Batam menjadi sebuah ekosistem yang literat dimana implikasinya diharapkan dapat menunjang kemampuan berpikir kritis siswa-siswi di era digital pada saat ini.

#SalamLiterasi
#SMKBISASMKHEBAT
#GerakanLiterasiNasiona