PENGONTROLAN MOTOR BERBASIS PLC

Spread the love

Pengontrolan Motor berbasis PLC merupakan rangkuman materi dari sistem kendali motor listrik yang dipelajari siswa TITL dari kelas XI dan kelas XII. Penulisan Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan langkah yang dilakukan dalam pengajaran pengontrolan berbasis PLC  sehingga calon siswayang akan masuk kejurusan TITL dapat memahami salah satu materi pokok yang akan diberikan dalam pembelajaran nanti.

Pada pengontrolan motor berbasis PLC akan diberikan dalam 5 langkah yakni :

  1. penguasan sistem bilangan dan konversi bilangan serta memahami logika saklar yakni mengaplikasikan saklar dalam rangkaian logic
  2. Menerapkan konsep dasar pengendali yakni mengenai sistem blocking dan locking
  3. Menganalisis fungsi komponen dalam rangkaian dan merancang sistem kontrol menggunaan diagram langkah kerja motor
  4. menganalisis rangkaian utama dan bantu daya motor
  5. merancang sistem kontrol dengan PLC dengan pengawatan dan leder diagram

Untuk ke depan, siswa TITL akan menghasilkan produk sistem kontrol yang dapat diterapkan di sekolah diantaranya :

1. Sistem Kontrol Pompa air

Jumlah siswa SMK N 5Batam yang sudah terbilang banyak memerlukan saran penunjang seperti kamar kecil atau toilet yang cukup banyak, sebagai kontrol penggunaan air di setiap kamar kecil akan sangat baik dilakukan dengan menggunakan kontrol level air dimana air tidak akan kekurangan dan tidak akan kelebih hingga mubazir.

2. Pintu Gerbang Sekolah

Gerbang SMK N 5Batam sudah sangat besar dan berat. Untuk memudahkan itu, maka kedepan Siswa Jurusan TITL sudah dapat menerappkan pengontrolan berbasi PLC untuk gerbang sekolah

3. Saklar otomatis

DI SMK N 5 Batam sudah menjadi peristiwa yang perlu dicarikan pemecahannya, dimana setiap penggunaan ruangan lampu, kipas atau peralatan lain yang berhubungan dengan listrik sering dibiarkan menyala dari pagi hingga ke pagi berikutnya sehingga menimbulkan kerusakan alat yang intens dan besarnya tagihan listrik sekolah. Dengan pelajaran pengortolan berbasi PLC ini siswa TITL diharapkan dpat menyelesaikan hal tersebut diatas dengan baik.