Kompetensi Pemeriksaan dan Pengujian Hasil Pengelasan

Spread the love

SMKN5BATAM.SCH.ID,Batam – Jurusan Pengelasan Kapal merupakan salah satu jurusan yang ada di SMKN 5 Batam. Salah satu kompetensi yang dipelajari adalah Pemeriksaan dan Pengujian Hasil pengelasan. Pada kompetensi ini mempelajari tentang jenis – jenis cacat las, penyebab terjadinya cacat las, serta cara menanggulangi cacat las. Dan juga pada kompetensi ini mempelajari bagaimana cara melakukan pengujian pada hasil pengelasan. Dimana pengujian ini dapat berupa Destructive maupun Non Destructive.

 

Pada pengelasan perlu adanya pemeriksaan dan pengujian hasil pengelasan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui cacat las yang terjadi saat melakukan pengelasan yang dapat mengurangi kekuatan dari hasil pengelasan. Banyak faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya cacat las, selain dari weldernya sendiri, material/spesimen yang diguanakan serta lingkungan dapat mempengaruhi hasil pengelasan.

Hasil pengelasan harus sesuai dengan standar yang digunakan dalam sebuah industri. Misalnya pada standar pengelasan menurut America Welding Society (AWS) didalamnya sudah diatur bagaimana hasil pengelasan yang sesuai standar yang masuk dalam kriteria dan toleransi yang di izinkan agar mencapai hasil pengelasan yang memiliki kekuatan pengelasan. Seorang welder dapat melakukan dan mengetahui minimal pengujian visual pada hasil pengelasan sesuai standar yang digunakan

Bagi sesorang welder profesional penting juga halnya mengetahui jenis cacat – cat  las terjadi dalam pengelasan dan harus mengetahui penyebab jika terjadi cacat las. Disamping itu ketika terjadi cacat las pada hasil pengelasan bagi seoarang welder harus mengetahui bagaimana cara menanggulangi atau memperbaikinya cacat pada hasil pengelasan itu. Sehingga material dapat dilakukan pengelasan kembali untuk mencapai standar yang telah ditentukan.