Pentingnya Memahami Gambar Pengelasan

Spread the love

SMKN5BATAM.SCH.ID,Batam – Gambar Teknik Pengelasan merupakan salah satu kompetensi yang dipelajari pada jurusan Teknik Pengelasan Kapal di SMKN 5 Batam. Kompetensi ini menuntut siswa dapat memahami diantaranya simbol – simbol pengelasan, penempatan simbol pengelasan pada gambar, penempatan ukuran/dimensi gambar, teknik pengelasan, elektroda yang digunakan, serta simbol – simbol tambahan lainnya.

Pada sebuah gambar / job sheet pengelasan atau pada dunia industri disebut juga Welding Procedure Specification (WPS) berisikan instruksi pengelasan yang harus dipahami siswa sebelum melakukan kegiatan praktik pengelasan. Hal ini bertujuan agar siswa dalam melakukan kegiatan praktiknya dengan baik dan benar sesuai job sheet yang diberikan. Jika terjadi kesalahan pada pembacaaan gambar maka akan mengakibatkan terjadi kesalahan-kesalahan pada pengelasan berupa cacat las yang mengakibatkan terjadinya perbaikan yang berulang kali melalui proses penggerindaan sehingga akan merusak material/spesimen dari pengelasan.

Seperti yang kita ketahui, dalam dunia industri pengelasan baik itu industri Off Shore, Shipyard maupun Manufacturing sendiri seorang welder harus dituntut dapat membaca dan memahami gambar pengelasan atau yang disebut juga dengan Welding Procedure Specification (WPS) sebelum melakukan pengelasan. Dalam sebuah WPS ini terdapat instruksi kerja bagi seorang welder. Jika terjadi kesalahan dalam pembacaan gambar maka akan mengakibatkan gagal produk yang dapat merugikan perusahaan sendiri dari segi material maupun waktu.