Pentingnya Penerapan APD K3 Pengelasan

Spread the love

SMKN5BATAM.SCH.ID,Batam – Proses pengelasan merupakan salah satu pekerjaan yang mempunyai banyak resiko atau bahaya. Karena saat proses pengelasan berlangsung, maka bahaya seperti asap, cahaya pengelasan, panas dan bahaya listrik akan timbul serta saat proses penggerindaan. Oleh karena itu jika siswa tidak memakai alat keselamatan las, maka akan membahayakan keselamatan siswa saat praktik pengelasan.

Dalam setiap pekerjaan memang selalu menimbulkan bahaya, oleh karena itu siswa harus dibiasakan saat sedang melakukan pekerjaan las menggunakan alat pelindung diri. Baik itu untuk pengelasan SMAW, GMAW, GTAW, SAW, menggunakan APD las adalah hal wajib. Jika siswa dibiasakan memakai alat keselamatan sesuai standart maka jika ada kecelakaan kerja dapat diminimalisir. Hal ini juga sebagai bentuk pembiasaan siswa menggunakan APD saat bekerja di industri nanti.

Jenis jenis Alat Pelindung Diri (APD) kerja las yang digunakan adalah wearpack, helm las atau topeng las, sarung tangan las, apron, safety shoes atau sepatu safety, ear plug dan masker.