Praktek Scanning Gambar Manual ke Digital

Spread the love

Membuat Sketsa gambar manual diajarkan diKompetensi keahlian Multimedia. Siswa membuat sketsa dikertas seperti membuat Logo, Wajah, Benda dan lainnya kemudian akan diolah lebih lanjut diKomputer dengan melakukan scanning sketsa tersebut terlebih dahulu. Praktek scanning ini mudah dilakukan karena hanya perlu menyiapkan alat scannernya dan laptopatau komputer yang sudah ada driver scanner sesuai dengan merk dan type scanner.

Pada Kompetensi Keahlian Multimedia diperlukan scanner untuk melihat detail dari gambar manual yang ciptakan dikertas oleh siswa, karena scanner memiliki Resolusi yang bisa diset sesuai dengan keinginan kita, untuk gambar detail manual siswa memilih 300dpi agar gambar tidak pecah atau mudah diolah ke Digital.

Pada  prakteknya,  mengenali dan  menjalankan mesin  scanner tidaklah sulit seperti apa yang dibayangkan seperti  pada contoh mesin scanner yang tampak kita gunakan, akan lebih mudah dapat diketahui bagian-bagian dari sebuah mesin scanner.

Sebelum  menjalankan  mesin  scanner,  pastikan  dahulu  kabel scanner yang sudah disediakan, terhubung antara mesin scanner dengan  komputer, pada  komputer melalui port USB.  Selain itu pastikan software driver untuk scanner sudah terinstall. Apabila setelah software  driver      diinstall,     selanjutnya     mengaktifkan software driver   ke device  manager, kemudian cari scanner dan lakukan scanning gambar.

Untuk membuat file  image dari hasil scanning bisa langsung di-entry/dimasukkan kedalam hard disk dalam bentuk file  (bmp, jpg dan lain-lain). Untuk mengolah image atau pengeditan image yang berbentuk gambar dapat menggunakan software Adobe Photoshop atau program lainnya.