PEMANTAPAN KOMPETENSI SISWA/I SEBELUM PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI Jurusan teknik kelistrikan kapal (liskap) Smk nEGERI 5 batam

Spread the love

Siswa/i Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal sebentar lagi akan mengikuti Praktek Kerja Industri (PRAKERIN). Sebelum berangkat siswa/i dari Jurusan LISKAP diberikan pemantapan dan pematangan terlebih dahulu.

          Ketua Kompetensi Keahlian Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal (Kakomli LISKAP) SMKN 5 Batam Ratna Dewi, S.Pd mengatakan, PRAKERIN merupakan salah satu program khusus untuk mengasah kemampuan siswa di dunia profesional, khususnya sesuai dengan bidang atau jurusannya masing-masing. Prakerin merupakan salah satu bentuk aplikasi siswa selama proses belajar sekolah.

          Ia menambahkan bahwa, dalam mempersiapkan siswa/inya untuk memebrangkatkan Prakerin, tim guru dari jurusan LISKAP mengadakan  kegiatan Pemantapan guna persiapan sebelum Prakerin, dimana siswa akan melakukan proses praktik secara langsung, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pada saat PRAKERIN berlangsung serta yang tak kalah pentingnya terkait penegakkan aturan kedisiplinan dan ketertiban baik aturan rambut sesuai standart SMKN 5 Batam dan kuku. Artinya sumber daya siswa yang kita miliki jangan sampai memalukan, karena akan berdampak pada nama baik sekolah dan untuk itu mulai dari penempatan Prakerin hingga proses pemantapan kita lakukan semaksimal mungkin. Kegiatan ini dilaksanakan  mulai dari 3 Juli – 16 Juli 2020, dan diikuti oleh 71 siswa baik kelas XI maupun kelas XII LISKAP.

Pemantapan : Sejumlah siswa/i Jurusan Teklnik Kelistrikan Kapal (LISKAP) SMKN 5 Batam diajari Dasar – Dasar Pengukuran, Instalasi Penerangan di Kelistrikan Kapal dan Dasar- dasar sistem kontrol motor dan panel. Kegiatan ini salah satu persiapan sebelum siswa melaksanakan PRAKERIN untuk memberikan pemantapan akhir pada siswa, agar saat PRAKERIN tidak lagi canggung.