KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT. MARCOPOLO SHIPYARD (KAPAL MV.SIERA)

Spread the love

Inpres No.9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK salah satunya adalah membuka peluang sebesar-besarnya SMK untuk berafiliasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industro, agar Siswa Menengah Kejuruan mengetahui tataran praktik tentang dunia industri.

Memang tidak bisa dipungkiri mengejar sarana dan prasarana, alat dan bahan peralatan praktik di sekolah seperti di industri sangat berat. Butuh pembiayaan yang tidak sedikit.

Itikad baik instruksi Presiden untuk berkolaborasi  dalam rangka memenuhi standar kebutuhan SMK, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait, pemerintah memetakan dan membuatkan payung hukum dengan “Link and Match”.

Kerjasama SMK dengan DUDI meliputi : Sinkronisasi Kurikulum, Praktik Kerja Lapangan, Magang Guru, Guru Tamu dan Perekrutan. Dalam sinkronisasi kurikulum maka perlunya SMK mengunjungi industri untuk mengetahui Dunia nyata siswa SMK terkait produk yang dihasilkan DUDI, relevandi jurusan dengan industri, bahan dan peralatan yang ada di DUDI.

Pada hari Rabu, 26 Agustus 2020, kelas XI Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal SMKN 5 Batam melaksanakan kunjungan industri ke PT. Marcopolo lebih terkhusus di kapal MV.Siera. Siswa yang didampingi oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Humas (Ibu Mery Willian, S.Si) dan Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Kelistrikan Kapal (Ibu Ratna Dewi, S.Pd).

Kunjungan diterima baik oleh manajemen PT. Marcopolo yang diwakili oleh Bapak DJ. Untung Prawira, B.Eng, M.Eng. dan juga disambut baik oleh pemilik kapal, kapten kapal, dan seluruh kru kapal tersebut. Seluruh peserta diberi penjelasan tentang profil perusahaan, kemudian diajak keliling untuk menyaksikan langsung semua bagian dan ruang kapal. Adapun diantara ruangan atau bagian yang kami kunjungi, diantaranya : Anjungan kapal, Ruang Nahkoda, Ruang Control Panel, Main engine, Store, dan Deck di setiap kapal.

Mutu Kunjungan Industri ini, siswa sebelum bernagkat diberikan format lembar kerja siswa untuk diisi sesuai dengan spesifikasi perusahaan yang dikunjungi dari mulai nama perusahaan , K3, Budaya Kerja, keterkaitan kunjungan dengan jurusan, alat dan bahan, proses, manajemen perusahaan, kesimpulan dan saran.

Setelah melakukan kunjungan industri dengan siswa mengisi format yang diberikan, dan dilakukan testimoni tentang apa yang didapatkan dari kunjungan yang dilakukan. Dan dari testimoni tersebut siswa berpendapat sangat senang sekali karena mengetahui dunia industri yang kelak para siswa akan bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, relevansi perusahaan dengan jurusannya, namun ilmu yang dipelajari disekolah ada yang sesuai dan ada juga yang harus dipenuhi untuk standar perusahaan.

Pesan dari perusahaan agar sikap atau karakter disiplin, tanggung jawab adalah tugas sekolah selain dari pembekalan kompetensi keahlian, namun kedalam kompetensi keahlian adalah tanggung jawab DUDI untuk mentraining para lulusan SMk, karena sebelum bekerja akan dilakukan training terlebih dahulu agar para lulusan betul – betul siap untuk bekerja.

Semoga dengan kunjungan industi ini, menjadikan wawasan siswa semakin luas sehingga kelak mengetahui setelah lulus apa yang akan dikerjakan dengan kompetensi keahlian yang mereka miliki. Setelah mengetahui mereka bisa cepat bekerja sesuai bidangnya. SMK BISA, SMK HEBAT

 

 

 

 

 

Penulis adalah Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Kelistrikan Kapal SMKN 5 Batam