MEMASANG INSTALASI PENERANGAN UNTUK LORONG ATAU KORIDOR

Spread the love

Untuk pembelajaran teaching factory / praktek atau lebiih dikenal dengan istilah TEFA. SMKN 5 batam menerapkan siswanya untuk masuk dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan. 1 orang guru menghandle 1 – 3 siswa saja per harinya untuk pembelajaran produktif, sementara untuk pembelajaran adaptif normatif tetap dilaksanakan secara daring.

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa yaitu tentang sistem kelistrikan. Pada praktek kali ini yaitu tentang Pemasangan Instalasi Lorong atau koridor. Pemasangan instalasi ini harus dengan perhitungan yang baik. Lorong yang panjang terkadang membuat kesulitan apabila instalasi yang digunakan kurang tepat.

Solusi yang tepat dan praktis dalam memasang instalasi untuk lorong atau koridor yang baik adalah dengan menempatkan saklar did ekat pintu pada masing – masing ujung temoat dan menambahkan lagi saklar ditengah dimana biasanya ada jalur untuk mengakses ruangan lain. Materi ini sangat membantu untuk menghemat daya ketika ada bagian ruangan yang tidak terpakai.

Untuk memasang instalasi ini, komponen yang diperlukan adalah 2 buah saklar tukar, satu buah saklar silang dan lampu.

Cara memasang instalasi penerangan untuk lorong atau koridor.